Analisis kecerdasan visual spasial pada materi segiempat siswa kelas VII SMP Negeri 7 Samarinda

Analysis of spatial visual intelligence on the students of class VII of Junior High School 7 Samarinda

  • Jossa Anno Christy Bahy Universitas Mulawarman
  • Ariantje Dimpudus Universitas Mulawarman
  • Haeruddin Universitas Mulawarman
Keywords: Spatial Visual Intelligence, Quadrilateral, Kecerdasan Visual Spasial, Segiempat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecerdasan visual spasial pada materi segiempat siswa kelas VII SMP Negeri 7 Samarinda. Penelitian deskriptif kuantitatif ini menggunakan subjek penelitian siswa kelas VII-A dan VII-B di SMP Negeri 7 Samarinda  yang berjumlah 57 siswa. Objek dari penelitian ini adalah kecerdasan visual spasial siswa pada materi segiempat. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes tertulis. Analisis data dilakukan secara deskriptif, yaitu menentukan kecerdasan visual spasial siswa berdasarkan karakteristik kecerdasan visual spasial pada tiap butir soal dan menentukan kecerdasan visual spasial siswa secara kese luruhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kecerdasan visual spasial pada materi segiempat berdasarkan karakteristik kecerdasan visual spasial yang dimiliki yaitu (1) Karakteristik pengimajinasian dengan rata-rata 39,5 temasuk kategori rendah. (2) Karakteristik Pengkonsepan dengan rata-rata 55,20 termasuk kategori rendah. (3) Karakteristik Pencarian Pola dengan rata-rata 44,5 termasuk kategori rendah. (4) Karakteristik Penyelesaian Masalah dengan rata-rata 97,71 termasuk kategori tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kecerdasan visual spasial pada materi segiempat siswa kelas VII di SMP Negeri 7 Samarinda termasuk dalam kategori sedang dengan karakteristik kecerdasan visual spasial yang paling banyak dimiliki siswa adalah penyelesaian masalah. Siswa dengan karakteristik penyelesaian masalah mampu menentukan strategi penyelesaian masalah berdasarkan pernyataan yang diberikan secara tepat dan sistematis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achdiyat, M., & Utomo R. (2017). Kecerdasan Visual-Spasial, Kemampuan Numerik dan Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 7(3), 234-245.

Afriyanti, N. (2019). Hubungan Kecerdasan Visual Spasial terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar Siswa Kelas IV MI Al Khoiriyyah 01 Semarang Tahun Ajaran 2018/2019. Semarang: Skripsi. Universitas Islam Negeri Walisongo.

Ambarwati, Setiawan, T.B., & Yudianto, E. (2018). Analisis Kemampuan Visual Spasial Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berstandar PISA Konten Shape and Space Ditinjau dari Level Berpikir Geometri Van Hiele. Kadikma, 9(3),51-60.

Apecawati, L.D., Sahputra, R., & Hadi, L.(2018). Hubungan Kecerdasan Visual-Spasial dengan Kemampuan Menggambarkan Bentuk Molekul Pada Mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(1),1-11.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Buku Matematika Kelas VII SMP/MTS Semester 2 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Lestari, K.E., Yudhanegara, M. R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Margaretha, P.M., Susanto, & Fatahillah A. (2015). Kecerdasan Visual-Spasial Siswa SMP Berdasarkan Teori Hass Ditinjau dari Tingkat Kemampuan Geometri Kelas IX-A SMP Negeri 1 Jember. Jurnal Edukasi, 2(3),12-16.

MS, S.R., Darmawan, P., & Prayekti, N. (2019). Kemampuan Visual Spasial Siswa dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Kubus dan Balok. Prosiding Seminar Nasional MIPA UNIBA, 99-106.

Nugroho, N. P. 2017. Analisis Kemampuan Visual Spasial Kelas VII SMP Negeri 2 Sawit dalam Menyelesaikan Soal Materi Segiempat Berdasarkan Level Berpikir Van Hiele. Surakarta: Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Pitriani. (2014). Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Program Komputer Cabri 3D untuk Meningkatkan Kemampuan Visual-Spatial Thinking dan Habit of Thinking Flexibly Siswa SMA. Bandung: Tesis. Universitas Pendidikan Indonesia.

Purborini, S.D., Hastari, R.C. (2018). Analisis Kemampuan Spasial Pada Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Derivat, 5(1),49-58.

Riastuti, N., Adamura, F., & Lusiana, R. (2016). Analisis Kecerdasan Spasial Ditinjau dari Kemampuan Kognitif Siswa Pada Materi Lingkaran Siswa Kelas VIII SMP Tahun Pelajaran 2014/2015. Prosiding Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika, 362-372.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syafiqah, A., Ruslan, & Darwis. (2020). Deskripsi Kecerdasan Visual Spasial Siswa dalam Memecahkan Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau Berdasarkan Tingkat Kemampuan Awal Geometri pada Siswa Kelas VII SMP. Issues in Mathematics Education, 4(1),68-82.

Ummi, L.N.H., Sugiarti, T., & Susanto. (2015). Kecerdasan Visual-Spasial dan Logika Matematika dalam Menyelesaikan Soal Geometri Siswa Kelas XII IPA 8 SMA Negeri 2 Jember. Artikel Ilmiah Mahasiswa, 1(1),1-7.

Published
2022-12-20