Kesulitan siswa kelas VIII dalam pembelajaran matematika pada materi bangun ruang sisi datar di SMP Negeri 11 Samarinda tahun ajaran 2021/2022

Difficulties of 8th grade students in mathematics learning the topic of flat surfaced 3D shapes

  • Ayuk Syafi’ah Universitas Mulawarman
  • Rusdiana Universitas Mulawarman
  • Ikmawati Universitas Mulawarman
Keywords: Kesulitan siswa, Pembelajaran Matematika, Bangun ruang sisi datar

Abstract

Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui apa saja jenis-jenis kesulitan yang dialami siswa kelas VIII dalam pembelajaran matematika pada materi bangun ruang sisi datar. Instrumen yang digunakan adalah observasi, tes diagnostik, dan wawancara. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII-E yang berjumlah 30 orang siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam menggunakan konsep yaitu ketidakmampuan siswa dalam menentukan unsur-unsur balok pada gambar dan ketidakmampuan siswa dalam mengelompokkan gambar-gambar yang termasuk jaring-jaring kubus dan bukan termasuk jaring-jaring kubus; kesulitan dalam penggunaan prinsip yaitu ketidakmampuan siswa dalam menentukan data yang relevan, ketidakmampuan siswa dalam menerapkan rumus phytagoras untuk mencari tinggi segitiga, ketidakmampuan siswa dalam menerapkan rumus volume prisma, ketidakmampuan siswa dalam menerapkan rumus volume limas, ketidakmampuan siswa dalam menerapkan rumus phytagoras untuk mencari tinggi segitiga dari sisi tegak limas, ketidakmampuan siswa dalam menerapkan rumus luas permukaan limas; kesulitan dalam menyelesaikan masalah verbal yaitu ketidakmampuan siswa dalam mengaplikasikan rumus volume balok, ketidakmampuan siswa dalam menggunakan data, ketidakmampuan siswa dalam mengartikan bahasa matematika, ketidakmampuan siswa dalam menarik kesimpulan; kesulitan siswa dalam melakukan operasi matematika; dan kesulitan siswa dalam menuliskan simbol matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amin, Safwan. 2005. Pengantar Psikologi Pendidikan. Aceh : Pena Banda Aceh.

Awaludin dkk. 2021. Teori Dan Aplikasi Pembelajaran Matematika Di SD/MI. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Dameria, Sinta. 2019. Pengembangan Pembelajaran Matematika Realistik Dengan Menggunakan Konteks Budaya Batak Toba. Surabaya: Jakad Publishing.

Narti, Sri. 2019. Kumpulan Contoh Laporan Hasil Penelitian Tindaan Bimbingan Konseling (PTBK). Yogyakarta: Deepublish.

Paridjo. (2008). Suatu Solusi Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika. Universitas Terbuka.

Pramesti dan Prasetya. (2021). Analisis Tingkat Kesulitan Belajar Matematika Siswa Dalam Menggunakan Prinsip Matematis: Edumatica. 11(2)

Yusmin, Edy. (2017). Kesulitan Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika (Rangkuman Dengan Pendekatan ETHNOGRAPHY): Jurnal Visi Ilmu Pendidikan. 9(1)

Yuwono dan Mirnawati. (2021). Aksesibilitas Bagi Penyandang Tunanetra Di Lingkungan Lahan Basah. Yogyakarta: Deepublish.

Published
2022-12-20