Peningkatan literasi numerasi dan wawasan nusantara melalui AKM bertema etnomatematika

Improving numeration literacy andIndonesian archipelagic vision through ethnomathematics themes of AKM

  • Priarti Megawanti Universitas Indraprasta PGRI
  • Erna Megawati Universitas Indraprasta PGRI
  • Nur Farida Universitas Indraprasta PGRI
Keywords: AKM, ethnomathematics, literacy, numeracy, archpelagic vision, etnomatematika, literasi, numerasi, wawasan nusantara

Abstract

Berdasarkan hasil PISA tahun 2018, kemampuan literasi numerasi peserta didik Indonesia belum dapat dikatakan baik. Seiring dengan itu, digantinya UN menjadi AKM, merupakan salah satu upaya memperbaiki sistem pendidikan Indonesia. AKM yang mengadaptasi dari soal-soal PISA mencoba untuk memperkenalkan kepada peserta didik pentingnya minat baca. Pada AKM peserta didik akan dihadapkan dengan soal berbentuk testlet. Apabila teks yang terdapat pada soal AKM bertemakan etnomatematika, maka peserta didik tidak saja dapat meningkatkan kemampuan peserta didik, tetapi juga wawasan nusantara peserta didik. Kajian ini berupaya untuk menelaah secara literatur terkait soal AKM yang bertemakan etnomatematika sebagai upaya untuk dapat meningkatkan literasi numerasi dan wawasan nusantara peserta didik. Artikel ini menggunakan metode literatur review dari berbagai artikel. Berdasarkan hasil penelusuran artikel-artikel terkait, ditemukan bahwa etnomatematika memungkinkan untuk dijadikan tema pada soal-soal AKM di setiap jenjang pendidikan. Penambahan wawasan nusantara diharapkan dapat memupuk rasa cinta tanah air di kalangan peserta didik. Dengan demikian, tidak hanya kemampuan literasi numerasi yang dapat meningkat, tetapi juga wawasan nusantara.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfari, Shabrina. (2021). Contoh Soal AKM SD Kelas 5 Numerasi dan Literasi Beserta Jawabannya. https://www.ruangguru.com/blog/contoh-soal-akm-sd-kelas-5. Diakses tanggal 25 Desember 2021.

Ambrosio, U. D. (1985). Ethnomathematics and Its Place in the History and Pedagogy of Mathematics. For the learning of Mathematics, 5(1), 44–48.

Ascher, M. (1991). A Multicultural View of Mathematical Ideas. Brooks/ Cole Publishing Company.

Baswedan, A. R. (2014). Gawat Darurat Pendidikan di Indonesia pendidikan Indonesia. In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Damayantie, A. R. (2015). Literasi dari Era ke Era. Sasindo: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2015) 3(1) 1-10, 3(1), 1–10. https://doi.org/Retrieved from http://103.98.176.9/index.php/sasindo/article/view/2076/1652.

DeMars, C. E. (2012). Confirming Testlet Effects. Applied Psychological Measurement, 36(2), 104–121. https://doi.org/10.1177/0146621612437403.

Fitriana, D., & Fitriyanti, N. L. (2019). Sastra Anak Berbasis Etnomatematik Sebagai Media Penanaman Wawasan Daerah. Tunas Nusantara, 1(2), 93–101. https://ejournal.unisnu.ac.id/jtn/article/view/1450.

Hidayah, I. R., Kusmayadi, T. A., & Fitriana, L. (2021). Minimum Competency Assessment (AKM): An Effort To Photograph Numeracy. Journal of Mathematics and Mathematics Education, 11(1), 14. https://doi.org/10.20961/jmme.v11i1.52742.

Kadek, N., Widiantari, K., & Suparta, I. N. (2022). Meningkatkan Literasi Numerasi dan Pendidikan Karakter dengan E-Modul Bermuatan Etnomatematika. 10(2), 331–343. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/jipm.v10i2.10218.

Kemendikbud. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. In Acta Pædiatrica. https://doi.org/10.1111/j.1651-2227.1982.tb08455.x.

Kemendikbud. (2020). AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran. Pusat Asesmen Dan Pembelajaran Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Dan KebudayaanPembelajaran Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–37.

Kemendikbud, B. (2019). Pendidikan di Indonesia belajar dari hasil PISA 2018. Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang KEMENDIKBUD, 021, 1–206. http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/16742.

Kusuma, D., & Sapto, A. D. (2018). Pemanfaatan Mobile Learning Bernuansa Etnomatematika dalam Menumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, 379–382. http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/etnomatnesia/article/view/2342.

Lisgianto, A., & Mulyatna, F. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Geometri Dimensi Tiga Berbasis Etnomatematika untuk SMK Teknik. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 7(1), 15–28. http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/5558

Manoy, J. T., & Purbaningrum, M. (2021). Mathematical Literacy Based on Ethnomathematics of Batik Sidoarjo. Jurnal Didaktik Matematika, 8(2), 160–174. https://doi.org/10.24815/jdm.v8i2.21644.

Maulidiah, N., & Saddhono, K. (2019). Wujud Budaya dan Nilai Pendidikan dalam Cerita Rakyat Putri Jelumpang: Sebuah Kajian Antropologi Sastra. Widyaparwa, 47(2), 185–192. https://doi.org/10.26499/wdprw.v47i2.356.

Montoya, S. (2018). Defining Literacy - GAML Fitth Meeting.

Naga, Dali Santun. (2022). Teori Sekor pada Pengukuran Mental. Jakarta: Nagarani Citrayasa.

Nurkhafifah, S., Pailokol, N. S., & Megawanti, P. (2021). Eksplorasi etnomatematika terhadap konsep geometri pada struktur bangunan rumah joglo semar tinandhu. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika (JKPM), 1(58), 92–105. e-ISSN: 2797-5711.

Pemerintah Republik Indonesia. (1997). Undang Undang Nomor 23 Tahun 1997 Tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup. Lembaran Negara Republik Indonesia 1997, 1, 21. http://ciptakarya.pu.go.id/dok/hukum/uu/uu_23_1997.pdf.

Pulungan, M., Toybah, T., & Suganda, V. A. (2021). Development of HOTS-based 2013 Curriculum Assessment Instruments in Elementary School. Journal of Teaching and Learning in Elementary Education (Jtlee), 4(1), 50. https://doi.org/10.33578/jtlee.v4i1.7858

Rosa, M., D’Ambrósio, U., Orey, D. C., Shirley, L., Alangui, W. V., Palhares, P., & Gavarrete, M. E. (2016). Current and Future Perspectives of Ethnomathematics as a Program. Springer Nature.

Sabilirrosyad, S. (2018). Ethnomathematics Sasak: Eksplorasi Geometri Tenun Suku Sasak Sukarara Dan Implikasinya Untuk Pembelajaran. Jurnal Tatsqif, 14(1), 49–65. https://doi.org/10.20414/jtq.v14i1.21.

Safitri, D. A., & Fauzi, M. A. (2021). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Bernuansa Etnomatematika Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Resiliensi MatematisSiswa Di MTs Swasta An-Naas Binjai. Jurnal Fibonaci, 2(1), 42–47.

Susongko, P. (2010). Perbandingan Keefektifan Bentuk Tes Uraian dan Teslet dengan Penerapan Graded Response Model (GRM). Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 14(2), 269–288.

Wahyuni, S. (2015). Menumbuhkembangkan Minat Baca Menuju Masyarakat Literat. Diksi, 17(1), 179–189. https://doi.org/10.21831/diksi.v17i1.6580.

Published
2022-12-20