Pengembangan bahan ajar matematika berbasis pendekatan matematika realistik (PMR) untuk meningkatkan kemampuan kombinatorik siswa
Development of mathematics teaching materials based on Realistic Mathematics Approach (RME) to improve students’ combinatoric abilities
DOI:
https://doi.org/10.30872/pmsgk.v3i0.1464Keywords:
Teaching Materials, Combinatoric Abilities, Realistic Mathematics Approach, Bahan Ajar, Kemampuan Kombinatorik, Pendekatan Matematika RealistikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui efektivitas bahan ajar yang dikembangkan melalui Pendekatan Matematika Realistik (PMR) untuk meningkatkan kemampuan kombinatorik siswa (2) Mengetahui respon siswa yang diberi pembelajaran matematika realistik menggunakan bahan ajar yang dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model Thiagarajan, Semmel dan Semmel yaitu model 4-D yang telah dimodifikasi (define, design, dan develop). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) bahan ajar yang dikembangkan telah memenuhi kriteria keefektifan dengan : (a) ketuntasan belajar secara klasikal meningkat menjadi sebesar 87,5%, (b) ketercapaian tujuan pembelajaran telah tercapai untuk setiap indikator pada ujicoba II, (c) kemampuan guru mengelola pembelajaran sebesar 3,2 dan (d) waktu pembelajaran tidak melebihi pembelajaran biasa yaitu pencapaian waktu sama dengan pembelajaran biasa pada uji coba I dan II. (2) kemampuan kombinatorik siswa mengalami peningkatan dengan banyak siswa yang tuntas pada ujicoba I 31,25% meningkat menjadi 87,5% pada ujicoba II. (3) respon siswa terhadap bahan ajar yang dikembangkan melalui Pendekatan Matematika Realistik (PMR) adalah positif. Secara keseluruhan hasil penelitian adalah ditemukan bahan ajar yang efektif dalam meningkatkan kemampuan kombinatorik siswa.
Downloads
References
Ammamiarihta, Syahputra, E, Surya, E. (2017). Development of Learning Devices
Oriented Problem Based Learning to Increase Student’s Combinatorial Thinking in
Mathematical Problem Solving Ability. Pp 334 – 339.
Arvyaty dan Saputra, C. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM)
Terhadap Kemampuan Penalaran Proporsional Siswa Sekolah Menegah Pertama.
Universitas Haluoleo. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 4 (1). Halaman : 61 – 72.
Dahar, R. W. (2011). Teori – Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta : Erlangga.
Hudoyo, H. (2003). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang :
Universitas Negeri Malang.
Lockwood, E. (2013). A Model of Students’ Combinatorial Thinking. Unites States :
Oregon State University. Journal of Mathematical Behavior. Vol.3 No 2. Pp 251 –
Rezaie, M. dan Gooya, Z. (2018). What do I mean by Combinatorial Thinking ?. Tehran :
Shahid Beheshti University. Procedia Social and Behavioral Sciences.(11):Pp 122 –
Syahputra, E. (2019). Combinatorial Thinking (Analisis Kesulitan Siswa dan Contoh
Alternatif Model Matematika). Pps Universitas Negeri Medan.
Sukoriyanto, dkk.( 2019). Students Errors in Solving The Permutation and Combination
Problems Based on Problem Solving Steps of Polya. International Education Studies.
Canadian Center of Science and Education. Vol. 9 No 2. Pp 11-16, ISSN 1913-9039.
Wubbles, T., Korthagen, F., Broekman, H. (2019). Preparing Teachers For Realistic
Mathematics Education. Educational Studies in Mathematics. 32 : 1-28.