Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan langkah-langkah polya

Students’ error analysis in solving word problems based on Polya steps

  • Luthfiah Lintang Universitas Negeri Medan
  • Dhea Febriyanti Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan
  • Mizta Dwi Hafizah Furqoni Universitas Negeri Medan
  • Veny Rahmayani Br Sihotang Universitas Negeri Medan
Keywords: Error Analysis, Set, Polya, Analisis Kesalahan, Himpunan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi himpunan berdasarkan Langkah-langkah Polya, (2) analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi himpunan berdasarkan langkah-langkah Polya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII MTs Swasta Alliful Ikhwan Setia Abang Adik. Prosedur Pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan metode tes dan wawancara. Setiap subjek penelitian diwawancarai terkait hasil pekerjaannya pada soal cerita materi Himpunan. Analisis data penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Uji keabsahan data pada penelitian ini dilakukan dengan Teknik Triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan siswa melakukan kesalahan pada jenis kesalahan dalam memahami masalah, kesalahan dalam membuat rencana, kesalahan dalam melaksanakan rencana dan kesalahan dalam memeriksa kembali. Kesalahan tersebut dapat dilihat dari persentase berikut: Kesalahan dalam memahami masalah (understanding the problem error), terjadi sebanyak 18,18%, kesalahan dalam membuat rencana (devising a plan error), terjadi sebanyak 34,54% kesalahan ini merupakan kesalahan yang cenderung lebih banyak dilakukan siswa), dan kesalahan dalam melaksanakan rencana (carrying out the plan error) terjadi sebanyak 18,18%. Dan kesalahan dalam memeriksa kembali jawaban sering tidak dilakukan siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-abbasyi, M. A. (2002). Dasar-dasar Pokok Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Bulan

Bintang.

Asfiati. (2020). Redesign Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Menuju Revolusi

Industri 4.0. Jakarta: Kencana.

Aulia, J., Kartini. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal

Matematika Pada Materi Himpunan Kelas VII SMP/MTs. Jurnal Pendidikan

Matematika. Vol. 05 (01). Maret. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.503 .

Depdiknas. (2001). Jurnal Kreatif Tadulako Online. Vol. 2 (4).

Jumiati, Y., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal

Cerita Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Jurnal Pembelajaran

Matematika Inovatif. Vol. 3 (1). Januari. https://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v3i1.p11-18 .

Kamila, N. S., & Adirakasiwi, A. G (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelsaikan

Masalah Matematika Dengan Menggunakan Prosedur Polya. Jurnal Pembelajaran

Matematika Inovatif. Vol. 4 (4). Juli. https://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.749-754 .

Kurniawati, N., Rohmah, A. M., & Suwito. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam

Menyelesaikan Soal Berdasarkan Polya. Jurnal Of Mathematics Education and

Science. Vol. 4 (1). https://doi.org/10.32665/james.v4i1.176 .

Magfirah., Maidiyah, E., & Suryawati. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam

Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Prosedur Newman. Jurnal

Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol. 1 (3). November.

https://doi.org/10.36706/jls.v1i2.9707 .

PMSGK (2022); 1 (1): 1-10 Lintang, dkk., 2022

DOI: xxxxx/pmsgk.v1i115

*Penulis koresponden: luthfiahlintang@gmail.com www.semdik.fkip.unmul.ac.id/msgk

Nurdiawan, R. & Luvy, S. Z. (2019). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita

Pada Materi Himpunan Berdasarkan Tahapan Newman. Journal On Education. Vol.

(03). April.

Rofi’ah, N., Ansori, H., & Mawaddah, S. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam

Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya.

Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 7 (2).

https://dx.doi.org/10.20527/edumat.v7i2.7379 .

Sari, A. R., & Aripin, U. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal

Cerita Bangun Datar Segiempat Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah

Matematik Untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. Vol. 1

(6). November. https://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v1i6.p1135-1142 .

Published
2022-12-20