Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan langkah-langkah polya
Students’ error analysis in solving word problems based on Polya steps
DOI:
https://doi.org/10.30872/pmsgk.v3i0.1463Keywords:
Error Analysis, Set, Polya, Analisis Kesalahan, HimpunanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi himpunan berdasarkan Langkah-langkah Polya, (2) analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi himpunan berdasarkan langkah-langkah Polya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII MTs Swasta Alliful Ikhwan Setia Abang Adik. Prosedur Pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan metode tes dan wawancara. Setiap subjek penelitian diwawancarai terkait hasil pekerjaannya pada soal cerita materi Himpunan. Analisis data penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Uji keabsahan data pada penelitian ini dilakukan dengan Teknik Triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan siswa melakukan kesalahan pada jenis kesalahan dalam memahami masalah, kesalahan dalam membuat rencana, kesalahan dalam melaksanakan rencana dan kesalahan dalam memeriksa kembali. Kesalahan tersebut dapat dilihat dari persentase berikut: Kesalahan dalam memahami masalah (understanding the problem error), terjadi sebanyak 18,18%, kesalahan dalam membuat rencana (devising a plan error), terjadi sebanyak 34,54% kesalahan ini merupakan kesalahan yang cenderung lebih banyak dilakukan siswa), dan kesalahan dalam melaksanakan rencana (carrying out the plan error) terjadi sebanyak 18,18%. Dan kesalahan dalam memeriksa kembali jawaban sering tidak dilakukan siswa.
Downloads
References
Al-abbasyi, M. A. (2002). Dasar-dasar Pokok Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Bulan
Bintang.
Asfiati. (2020). Redesign Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Menuju Revolusi
Industri 4.0. Jakarta: Kencana.
Aulia, J., Kartini. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal
Matematika Pada Materi Himpunan Kelas VII SMP/MTs. Jurnal Pendidikan
Matematika. Vol. 05 (01). Maret. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.503 .
Depdiknas. (2001). Jurnal Kreatif Tadulako Online. Vol. 2 (4).
Jumiati, Y., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal
Cerita Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Jurnal Pembelajaran
Matematika Inovatif. Vol. 3 (1). Januari. https://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v3i1.p11-18 .
Kamila, N. S., & Adirakasiwi, A. G (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelsaikan
Masalah Matematika Dengan Menggunakan Prosedur Polya. Jurnal Pembelajaran
Matematika Inovatif. Vol. 4 (4). Juli. https://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.749-754 .
Kurniawati, N., Rohmah, A. M., & Suwito. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam
Menyelesaikan Soal Berdasarkan Polya. Jurnal Of Mathematics Education and
Science. Vol. 4 (1). https://doi.org/10.32665/james.v4i1.176 .
Magfirah., Maidiyah, E., & Suryawati. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam
Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Prosedur Newman. Jurnal
Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol. 1 (3). November.
https://doi.org/10.36706/jls.v1i2.9707 .
PMSGK (2022); 1 (1): 1-10 Lintang, dkk., 2022
DOI: xxxxx/pmsgk.v1i115
*Penulis koresponden: luthfiahlintang@gmail.com www.semdik.fkip.unmul.ac.id/msgk
Nurdiawan, R. & Luvy, S. Z. (2019). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita
Pada Materi Himpunan Berdasarkan Tahapan Newman. Journal On Education. Vol.
(03). April.
Rofi’ah, N., Ansori, H., & Mawaddah, S. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam
Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya.
Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 7 (2).
https://dx.doi.org/10.20527/edumat.v7i2.7379 .
Sari, A. R., & Aripin, U. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal
Cerita Bangun Datar Segiempat Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah
Matematik Untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. Vol. 1
(6). November. https://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v1i6.p1135-1142 .