PERAN KONSULTAN POLITIK DI PILKADA: STUDI KASUS PILKADA BANTAENG
DOI:
https://doi.org/10.30872/ls.v6i2.5187Keywords:
Peran, Konsultan Politik, PilkadaAbstract
Kemenangan pasangan Ilham Syah Azikin – Sahabuddin pada Pilkada Kabupaten Bantaeng Tahun 2018 sedikit banyaknya tidak terlepas dari peran Lingkaran Survei Indonesia dalam menyajikan hasil survei dan menyusun strategi pemenangan sebagai tindak lanjut hasil survei. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis peran Lingkaran Survei Indonesia pada Pilkada Kabupaten Bantaeng Tahun 2018. Penelitian ini menggunakan dasar penelitian kualitatif. Pengambilan data dilakukan melalui tahapan wawancara dengan beberapa informan yang dianggap memahami mengenai peran Lingkaran Survei Indonesia pada Pilkada Kabupaten Bantaeng Tahun 2018, serta melengkapinya dengan data-data yang relevan dengan penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Lingkaran Survei Indonesia sebagai kelompok kepentingan dapat mempengaruhi kebijakan-kebijakan kandidat dan timnya. Selain itu, ada beberapa strategi yang dilakukan oleh Lingkaran Survei Indonesia dalam melaksanakan perannya pada proses mendampingi pasangan Ilham Syah Azikin – Sahabuddin pada Pilkada Kabupaten Bantaeng Tahun 2018. Peran tersebut di antaranya Lingkaran Survei Indonesia menyusun strategi pemenangan yang berbasis data survei
Downloads
References
Andrianus, Toni dkk. (2013). Mengenal Teori Teori Politik dari Sistem Politik Sampai Korupsi. Jakarta: Nuansa Cendikia.
Budiardjo, Miriam. (2013). Dasar-Dasar Ilmu Politik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Dadi Ahmadi, (2008). “Interaksi Simbolik: Suatu Pengantar”. Mediator Vol. 9 No. 2.
Ege & Gör Öğr`. (2017). “SWOT Analysis: A Theoretical Review”. The Journal Of International Social Research. Vol. 10. No. 51.
Firmanzah. (2007). Marketing Politik. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia Nursal, Adman. 2004. Political Marketing: Strategi Memenangkan Pemilu
Haryanto. (2014). “Kebangkitan Party ID: Analisis Perilaku Memilih Dalam Politik Lokal di Indonesia”. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Vol. 17 No. 3.
Mohammad, Maiwan. (2016). “Kelompok Kepentingan (Interest Group), Kekuasaan dan Kedudukannya dalam Sistem Politik”. Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi. Vol. 15. No. 2.
Novi, E. (2015). “Peran dan Strategi Konsultan PR dalam Kampanye Indonesia (Studi Kasus di Tangerang Selatan)” Jurnal Visi Komunikasi. Vol.14, No.02.
Novie, I. S. (2016). “Strategi Gerakan kelompok kepentingan dalam pengawasan pengendalian pemanfaatan ruang Kawasan Bandung Utara”. Jurnal Wacana Politik. Vol. 1 No. 2.
Puspitaningtyas, I. (2014). “Peran Konsultan Politik Dalam Pilkada Strategi Marketing Politik PolMark Indonesia dalam Memenangkan Joko Widodo Basuki Tjahaja Purnama pada Pilkada Provinsi DKI Jakarta 2012”.
Rahmat Hollyson MZ & Sri Sundari. (2015). Pilkada Penuh Euforia, Miskin Makna. Jakarta: Penerbit Bestari.
Schroder, Peter. (2004). Strategi Politik. Jakarta: Nomos Baden-Baden. Soekanto, Soerjono. 2009. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Press.
Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta. Sukmadinata Syaodih, Nana. (2007). Jenis-jenis Penelitian. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Supranto, Johannes. (2002). Metode Riset Aplikasinya dalam Pemasaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhdi Late

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



