PENGARUH BRAND IMAGE, KUALITAS PELAYANAN DAN GAYA HIDUP TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA EXCELSO COFFEE BIGMALL DI KOTA SAMARINDA
DOI:
https://doi.org/10.30872/ls.v6i1.5049Keywords:
Citra Merek, Kualitas Layanan, Gaya Hidup, Loyalitas PelangganAbstract
Excelso Coffee menduduki peringkat kedua kategori perusahaan retail kedai kopi di Bigmall Kota Samarinda periode tahun 2017 dan 2018. Excelso Coffee mengalami peningkatan pengunjung pada tahun 2018. Peningkatan pengunjung tersebut cukup signifikan yaitu sebesar 3,00%, meskipun mengalami peningkatan yang cukup signifikan tetapi Excelso Coffee masih berada di bawah Starbucks yang jauh di atasnya dari segi pengunjung. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh citra merek terhadap loyalitas pelanggan, pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan, pengaruh gaya hidup terhadap loyalitas pelanggan, variabel antara citra merek, kualitas layanan dan gaya hidup yang paling dominan pengaruhnya terhadap loyalitas pelanggan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan kausalitas. Populasi penelitian ini adalah konsumen di kedai kopi Excelso Coffee Bigmall Kota Samarinda pada bulan September 2021 yang berjumlah 102 orang. Besar sampel dapat dihitung berdasarkan rumus Slovin, sehingga besar sampel sebanyak 50 responden. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra merek berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada Excelso Coffee Bigmall Kota Samarinda. Kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada Excelso Coffee Bigmall Kota Samarinda. Gaya hidup berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada Excelso Coffee Bigmall Kota Samarinda. Variabel citra merek merupakan variabel yang paling dominan pengaruhnya terhadap loyalitas pelanggan pada Excelso Coffee Bigmall Kota Samarinda.
Downloads
References
Alma, Buchari. 2014. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: CV. Alfabeta.
Buchori, Achmad dan Djaslim Saladin. 2016. Manajemen Pemasaran. Bandung. CV. Linda Karya.
Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang : UNDIP.
Hawkins, D. 2017. Consumer behavior: building marketing strategy. New York: McGraw Hill/Irwin.
Hirzianto, Shidqi. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen dan Loyalitas Konsumen di Kafe ruang Kopi Bogor. Jurnal IPB University.
Hurriyati, Ratih. 2015. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabetha.
Ibarahim, Maulana Abdul Malik. 2017. Pengaruh Brand Image terhadap Loyalitas Konsumen Dreezel Coffee. Jurnal IPB University.
Jamaluddin dan Endang Ruswanti. 2017. Impact of Service Quality and Customer Satisfaction on Customer Loyalty: A Case Study in a Private Hospital in Indonesia. IOSR Journal of Business and Management. Vol 19. PP 23-33
Kasmadi. 2013. Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Keller, Kevin L. 2013. Strategic Brand Management ; Building, Measuring, and Managing Brand Equity. Fourth Edition Harlow, English : Pearson Education Inc.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2016. Manajemen Pemasaran. Alih Bahasa: Benjamin Molan. Jakarta: PT. Indeks.
Lupiyoadi, Rambat. 2016. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.
Pinasti, Kusumo Endah. 2018. Pengaruh Gaya Hidup dan Media Sosial terhadap Loyalitas Konsumen melalui Keputusan Pembelian pada Siswa SMA Negeri Wonosobo. Skripsi Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang.
Sugiyono Prof, Dr. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : CV. Alfa Beta.
Sujarweni, V. Wiratna. 2015. Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Sukmawati, Rina. 2017. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Garden Cafe Koperasi Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta. Dalam http://eprints.uny.ac.id/54015/1/Rina%2 Sukmawati_13804241063_Proposal penelitian.pdf
Sumarwan, U. 2016. Perilaku konsumen teori dan penerapannya dalam pemasaran. Bogor : Penerbit Ghalia Indonesia.
Tjiptono, Fandy. 2017. Pemasaran Jasa Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: Bayumedia.
Wibowo. 2015. Manajemen Kinerja. Jakarta : Rajawali Pers.
Yesenia. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan produk terhadap Kepuasan serta Loyalitas Pelanggan KFC di Tangerang Selatan. Jurnal IPB University.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rheno Alsefino, Adietya Arie Hetami, Nurdin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



