PENGUATAN MANAJEMEN TATA KELOLA SATUAN PENDIDIKAN NONFORMAL SKB KEPULAUAN UNTUK PENINGKATAN KINERJA PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN

Authors

  • Ilham Arsyad Universitas Indonesia Timur

DOI:

https://doi.org/10.30872/ls.v5i2.4843

Keywords:

Manajemen Tata Kelola, SKB Kepulauan, Pendidikan Nonformal, Kinerja Pendidik, Tenaga Kependidikan

Abstract

Manajemen tata kelola satuan pendidikan nonformal, khususnya Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) di wilayah kepulauan, menghadapi berbagai tantangan dalam peningkatan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan. Studi ini bertujuan untuk menganalisis strategi penguatan manajemen tata kelola SKB kepulauan guna meningkatkan kualitas layanan pendidikan nonformal. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik studi kasus pada beberapa SKB di wilayah kepulauan Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguatan manajemen berbasis keterlibatan komunitas, pemanfaatan teknologi, serta peningkatan kapasitas SDM melalui pelatihan berkelanjutan merupakan faktor utama dalam meningkatkan efektivitas tata kelola SKB. Studi ini merekomendasikan kebijakan yang mendukung aksesibilitas pendidikan, kolaborasi dengan pemangku kepentingan, serta optimalisasi sumber daya untuk memastikan keberlanjutan program pendidikan nonformal di wilayah kepulauan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, I. (2020). "Community-Based Management in Non-Formal Education: A Case Study of Learning Activity Centers in Rural Indonesia." International Journal of Educational Development, 45(2), 112-124.

Suryadi, A., & Wahyuni, R. (2021). "Improving Educators’ Performance Through Capacity-Building Strategies in Remote Areas." Journal of Non-Formal Education, 7(3), 85-97.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Strategi Penguatan Pendidikan Nonformal di Wilayah Kepulauan. Jakarta: Kemendikbud.

UNESCO. (2021). Education for Sustainable Development Goals: Learning Objectives. Paris: UNESCO Publishing.

Downloads

Published

2025-04-24

Issue

Section

Articles