ANALISIS PENYELENGGARAAN PROGRAM PELATIHAN TATA BOGA UNTUK MENINGKATKAN MINAT KEWIRAUSAHAAN PEREMPUAN DI PKBM KEDONDONG SAMARINDA

Authors

  • Erlangga Erlangga
  • Yudo Dwiyono Universitas Mulawarman
  • A. Ismail Lukman Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.30872/ls.v5i2.4842

Keywords:

Pelatihan Tata Boga, Pendidikan Nonformal, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap penyelenggaraan program pelatihan tata boga yang dilaksanakan oleh PKBM Kedondong di Kota Samarinda. Pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif digunakan untuk menggambarkan secara mendalam proses pelaksanaan program pelatihan tersebut. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen, dengan narasumber utama Kepala PKBM Kedondong serta pelaksana pelatihan, instruktur, dan peserta. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, dengan triangulasi sumber dan teknik sebagai uji keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyelenggaraan pelatihan dilakukan melalui tiga tahapan utama yaitu sosialisasi, pelaksanaan, dan pemantauan program. Sosialisasi dilakukan untuk mengenalkan program dan menjaring peserta. Pelaksanaan program mencakup persiapan pembelajaran, penyusunan modul dan materi, penerapan prinsip pembelajaran partisipatif, serta keterlibatan instruktur yang profesional. Pemantauan dilakukan untuk memastikan peningkatan keterampilan peserta dan efektivitas program secara menyeluruh. Program ini terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan boga peserta, khususnya perempuan terdampak pandemi, serta mendorong terbentuknya komunitas mikro ekonomi berbasis wirausaha.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Baniah, E. N. S., Riyadi, & Singal, A. R. (2021). Analisis Penyelenggaraan Pelatihan Keterampilan Menjahit Busana Wanita Bagi Peserta Pelatihan di LKP Rachma Kota Samarinda. 2(2), 75–80. https://doi.org/10.30872/ls.v2i2.938

Darmawan, D. (2016). Kompetensi Instruktur Dan Efeknya Terhadap Kecakapan Vokasional Peserta Pelatihan. E-Plus: Eksistensi Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 1(2), 107–120. https://doi.org/10.30870/e-plus.v1i2.1157

Dewi, R. V. K. (2020). Pemberdayaan Perempuan Peserta Pelatihan Tata Rias Pengantin di Lembaga Kursus Pelatihan (LKP) Vivi Kota Samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 12–17. https://doi.org/10.30872/ls.v1i2.429

Fitri. (2020). Pelatihan Menjahit dalam Meningkatkan Jiwa Kewirausahaan Perempuan di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Tiara Dezzy Samarinda. Jurnal Bosaparis: Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 11(2), 27–34. https://doi.org/10.23887/jjpkk.v11i2.23205

Harsana, M., Purwanti, S., Firdausa, A. R., & Sandya, E. C. (2021). Peningkatan Keterampilan Kuliner Bagi Kelompok PKK Sekita Kampus Gunungkidul Universitas Negeri Yogyakarta. Prosiding Pendidikan Teknik Boga Busana FT UNY, 16(1). https://journal.uny.ac.id/index.php/ptbb/article/view/44659

Hermawan, Y., & Suryono, Y. (2017). Partisipasi Masyarakat Dalam Penyelenggaraan Program - Program Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Ngudi Kapinteran. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 4(2), 113–120. https://doi.org/10.21831/jppm.v3i1.8111

Jaya, D. J., & Raharjo, N. E. (2021). Pengembangan Modul Pendidikan dan Pelatihan Materi Perencanaan Perkerasan Jalan pada Perusahaan Jasa Konstruksi. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 6(1), 162–172. https://doi.org/10.17977/um039v6i12021p162

Lukman, A. I. (2021). Pemberdayaan Masyarakat melalui Pendidikan Nonformal di PKBM Tiara Dezzy Samarinda. DIKLUS : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(2), 180–190. https://doi.org/10.21831/diklus.v5i2.43669

Mustangin, Akbar, M. F., & Sari, W. N. (2021). Analisis Pelaksanaan Program Pendidikan Nonformal Bagi Anak Jalanan. International Journal of Community Service Learning, 5(3), 234–241. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i3

Ningrum, M. D., & Sujarwo, S. (2017). Pemberdayaan Pedagang Pasar Tradisional dalam Pondok Komunitas Belajar Di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Wonogiri. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 4(2), 199–214. https://doi.org/10.21831/jppm.v4i2.13554

Rahmi, V. A., & Hidayati, R. A. (2019). Efektivitas Pelatihan Keterampilan Dalam Menumbuhkan Minat Wirausaha Wanita Melalui Motivasi Diri Berwirausaha. JMK (Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan), 4(1), 1–16. https://doi.org/10.32503/jmk.v4i1.350

Riyanto, P. (2020). Literasi sebagai Upaya Penanaman Karakter Peduli Lingkungan melalui. DIKLUS : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 4(1), 45–54. https://doi.org/10.21831/diklus.v4i1.27889

Rohmah, N. F. (2018). Pelatihan dan Pengembangan Sumber Saya Manusia. INTIIZAM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 1–11.

Rusdin. (2017). Pendidikan Dan Pelatihan Sebagai Sarana Peningkatan Kompetensi Guru Di SMP Negeri 02 Linggang Bigung. Jurnal Administrative Reform, 5(4), 200–212. https://doi.org/10.52239/jar.v5i4.885

Safitri, D. (2020). Pelatihan Pembuatan Pie Buah Bagi Warga Belajar di UPTD. P2KUKM Provinsi Kalimantan Timur. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 44–49. https://doi.org/10.30872/ls.v1i1.258

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bandung (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Penerbit Alfabeta.

Sumini. (2018). Pengembangan Modul Pelatihan Untuk Meningkatkan Kualitas Hasil Pelatihan di Balai Latihan Kerja. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1(1), 75–86. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/semnasmpd/article/view/3025

Triwinarti, H. (2020). Komunikasi Pelaksanaan Program Kesetaraan Paket C Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Tiara Dezzy Samarinda. Kompetensi, 13(1), 16–23. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v13i1.32

Wahyuni, S. (2021). Peran Pamong Belajar: Studi Naturalistik terhadap Pamong Belajar dalam Melaksanakan Layanan Program Pendidikan Non Formal. Pepatudzu : Media Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 17(2), 102–114. https://doi.org/10.35329/fkip.v17i2.1841

Widiasih, E., & Suminar, T. (2015). Monitoring dan Evaluasi Program Pelatihan Batik Brebesan. Journal of Non Formal Education and Community Empowerment, 4(1), 41–49.

Downloads

Published

2024-12-30

Issue

Section

Articles