STUDI TENTANG PENYELENGGARAAN PEMBELAJARAN PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET B DI SPNF SKB KOTA BANGUN
DOI:
https://doi.org/10.30872/ls.v5i2.4788Keywords:
Pendidikan Kesetaraan, Pendidikan Nonformal, Manajemen PembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap proses pembelajaran yang dilaksanakan pada Program Pendidikan Kesetaraan Paket B di SKB Kota Bangun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif untuk menggambarkan tahapan-tahapan dalam proses pembelajaran yang diterapkan di SKB Kota Bangun. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan tutor, pengelola SKB, dan peserta program, serta teknik observasi dan studi dokumen untuk mendukung data yang diperoleh. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis data oleh Miles and Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran dilaksanakan melalui tiga tahapan utama: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan pembelajaran yang dilakukan oleh tutor tercermin dalam dokumen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), yang memudahkan pelaksanaan pembelajaran secara efektif dan efisien. Pada tahap pelaksanaan, tutor menggunakan metode ceramah untuk memberikan pemahaman awal kepada peserta didik, disertai dengan kegiatan diskusi untuk mengevaluasi pemahaman peserta. Evaluasi dilakukan melalui ujian untuk menentukan kelulusan peserta didik. Proses ini menunjukkan pentingnya kolaborasi antara tutor dan peserta didik dalam menciptakan iklim pembelajaran yang kondusif dan mencapai tujuan pembelajaran yang optimal.
Downloads
References
Anas, A. T., Mustafa, L. O., & Larisu, Z. (2022). Pelaksanaan Program Kesetaraan di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Kota Kendari. Jurnal Administrasi Pembangunan Dan Kebijakan Publik, 13(2), 186–193.
Astuti, D. I., Saraka, S., Winarti, H. T., Lukman, A. I., & Mustangin, M. (2022). Analisis Pemberdayaan Perempuan Berbasis Keterampilan Budidaya Tanaman Hidroponik. Masyarakat Madani, 7(2), 52–64.
Ergawati, E., Affan, I., Zulfahmi, T., Liesmaniar, C., Marsithah, I., & Milfayetty, S. (2023). Perencanaan Pengajaran Dalam Kegiatan Pembelajaan. Jurnal Guru Kita PGSD, 7(2), 212–225. https://doi.org/10.24114/jgk.v7i2.42464
Fauziah, A., Luthfiana, B. N., Aisyiya, P., Fahman, I. N., Ramadhani, K. S., & Mustangin, M. (2023). Pemberdayaan Perempuan Melalui Aksi Pelatihan Pembuatan Eco Enzyme Untuk Mengatasi Permasalahan Sampah Organik di Kelurahan Air Putih, Kota Samarinda. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 5(3), 157–163. https://doi.org/10.36722/jpm.v5i3.2138
Hasviana, L., Riyadi, R., & Lukman, A. I. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Warga Belajar Paket C Di Sanggar Kegiatan Belajar Balikpapan Timur. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 119–125. https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/ls/article/view/1191
Kefi, K. J., Saraka, S., Lukman, A. I., & Mustangin, M. (2022). Pendidikan Nonformal dalam Pengembangan Pupuk Organik untuk Kesehatan Lingkungan bagi Masyarakat Binaan CSR Fuel Terminal Pertamina Samarinda. Jurnal Wahana Pendidikan, 9(2), 171–178.
Lestari, I. A., Singal, A. R., Wahyuni, S., Mustangin, M., & Lukman, A. I. (2022). Pemberdayaan Berbasis Pendidikan Keterampilan Membatik Untuk Peningkatan Kapasitas Perempuan di LKP At -Tigna. Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian, Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 9(3), 1–10.
Maulana, S., Hidayat, D., & Muis, A. (2023). Pembelajaran Pendidikan Kecakapan Hidup Melalui Keterampilan Menjahit Bagi Warga Belajar Program Pendidikan Kesetaraan Paket B Di SKB Karawang. Jurnal Pendidikan Luar …, 17(2), 54–62. https://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/JPLS/article/view/14785
Murdani, W. K., Mustangin, M., Lukman, A. I., & Singal, A. R. (2022). Studi Penyebab Putus Sekolah Warga Belajar Program Kesetaraan Paket C Di PKBM Kedondong Samarinda. Kompetensi, 15(1), 66–73. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v15i1.68
Mustangin, Akbar, M. F., & Sari, W. N. (2021). Analisis Pelaksanaan Program Pendidikan Nonformal Bagi Anak Jalanan. International Journal of Community Service Learning, 5(3), 234–241. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i3
Mustangin, M. (2018a). Kajian perencanaan pendidikan orang dewasa pada program kesetaraan paket C PKMB Jayagiri Lembang. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 11(1), 40–47. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v11i1.18556
Mustangin, M. (2018b). Peningkatan Minat Baca dan Kemampuan Berbahasa Inggris Anak Di Rumah Baca Bandung. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 133–141. https://doi.org/10.23887/jipp.v2i2.14464
Mustangin, M. (2020). Analisis Proses Perencanaan Program Pendidikan Nonformal bagi Anak Jalanan di Klinik Jalanan Samarinda. Pepatudzu : Media Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 16(1), 1–9. https://doi.org/10.35329/fkip.v16i1.656
Mustangin, M., Sari, A. M. A., Setyoningrum, B., Islami, N. P., Kusniawati, D., Istirochmana, L., Kurniawan, D., Saputri, E. D., Meilianawati, H., & Prasetyawati, E. (2018). Pembuatan Database Desa Berbasis Masyarakat Bagi Masyarakat Desa Jetislor Pacitan. Jurnal Abdimas, 22(1), 51–58. https://doi.org/10.15294/abdimas.v22i1.12071
Mustangin, M., Winarti, H. T., Lukman, A. I., Akbar, M. F., & Iqbal, M. (2022). Analysis of Factors Influencing the Success in Implementing Non- Formal Education Programs for MSMEs Actors in Rumah BUMN Samarinda. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 9(1), 14–25. https://doi.org/10.21831/jppm.v9i1.47115
Nadlir, N., Khoiriyatin, V. Z., Fitri, B. A., & Ummah, D. N. (2024). Peran Perencanaan Pembelajaran dalam Meningkatkan Kualitas Pengajaran. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 11(2), 1–15. https://doi.org/10.69896/modeling.v11i2.2332
Nurson, N. L., & Sari, W. J. (2024). Program Paket Kesetaraan Upaya Mengatasi Angka Putus Sekolah. Multiple: Journal of Global and Multidisciplinary, 2(1), 838–844. https://journal.institercom-edu.org/index.php/multipleINSTITERCOMPUBLISHERhttps://journal.institercom-edu.org/index.php/multiple
Pasha, T. A., Khalisa, S. N., Zamima, R., Khairunnisa, R. T., & Mustangin, M. (2023). Sosialisasi kesehatan menstruasi bagi remaja perempuan di panti asuhan anak harapan kalimantan timur. Ta’awun: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 163–170.
Rahayu, M. P., & Aniswita, A. (2023). Peran Guru dalam Proses Pembelajaran Matematika Era New Normal di Kelas X IPS SMAN 2 Mandau. Journal of Educational Management and Strategy, 2(1), 21–30. https://doi.org/10.57255/jemast.v2i1.227
Rahmalia, S. M., & Sabila, N. D. (2024). Perencanaan Pembelajaran: Pengertian, Fungsi dan Tujuan. Karimah Tauhid, 3(5), 6014–6023.
Saptadi, S. (2020). Peran Instruktur Dalam Layanan Pembelajaran Peserta Kursus Mengemudimobil Roda Empat di LKP Cendana Samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 28–34. https://doi.org/10.30872/ls.v1i2.432
Shomedran, S., Nengsih, Y. K., Tahyudun, D., & Hakim, I. A. (2020). Peran Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Sebagai Satuan Pendidikan Luar Sekolah Dalam Membangun Mutu Sumber Daya Manusia. Comm-Edu (Community Education Journal), 3(3), 271. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v3i3.5214
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bandung (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Penerbit Alfabeta.
Suhartini, S., Mustangin, M., Lukman, A. I., & Winarti, H. T. (2022). Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga dalam Pengolahan Keripik Ikan Bawis pada Industri Rumahan Abadi Rasa. Progress in Social Development, 3(2), 87–93. https://doi.org/10.30872/psd.v3i2.42
Syaputra, R., & Shomedran, S. (2023). Penyelenggaraan Program Pendidikan Kesetaraan Pada Satuan Pendidikan Non Formal SKB Kota Palembang. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 09(1), 17–34. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Aksara
Taba, P., Mustangin, M., Lukman, A. I., & Alisalman, M. (2023). Analisis Penyelenggaraan Pelatihan Pembuatan Pestisida Nabati Bagi Binaan CSR PT. GBU Kabupaten Kutai Barat di Desa Jengan Danum. Kompetensi, 16(1), 66–74.
Weni, T. (2020). Analisis Proses Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Kesetaraan Paket B Berbasis Kurikulum 2013 di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Samarinda. Pepatudzu : Media Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 16(2), 89–95. https://doi.org/10.35329/fkip.v16i2.1765
Widiastri, D. A. D. (2020). Program Pelatihan Sebagai Upaya Pemberdayaan Korban Pasca Rehabilitasi Penyalahgunaan Narkoba di Rumah Damping Borneo BNN RI Samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 12–23. https://doi.org/10.30872/ls.v1i1.255
Winarti, H. T., Mustangin, M., Aulia, E. H., & Alya, N. (2022). Pelatihan Keterampilan Pengolahan Buah Cempedak untuk Jajanan Pasar Bagi Ibu PKK RT 03 Mugirejo. International Journal of Community Service Learning, 6(2), 167–174. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i2.45080
Yunika, E., Dwiyono, Y., Winarti, H. T., Mustangin, M., & Alisalman, M. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Binaan CSR PT. Badak NGL Berbasis Pendidikan Pada Pengembangan Ekowisata Kampung Selangan Bontang. Jurnal Sosio Dialektika, 7(2), 181–197. https://doi.org/10.31942/sd.v7i2.6630
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Agung Dwi Fatoni, Hepy Tri Winarti, Sri Wahyuni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



