KAJIAN TENTANG PEMBELAJARAN PROGRAM KURSUS BAHASA INGGRIS DI LKP GHANESA KOTA SAMARINDA
DOI:
https://doi.org/10.30872/ls.v5i2.4782Keywords:
Proses Pembelajaran, Pendidikan Nonformal, Manajemen Kursus, Keterampilan Bahasa InggrisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam pelaksanaan pembelajaran dalam program kursus Bahasa Inggris di LKP Ghanesa. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif, penelitian ini mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi yang melibatkan pengelola, instruktur, dan peserta kursus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran di LKP Ghanesa dimulai dengan pengkondisian awal untuk mempersiapkan peserta didik, dilanjutkan dengan apersepsi yang membantu menghubungkan pengetahuan sebelumnya dengan materi baru. Penyampaian materi dilakukan dengan metode ceramah untuk memberikan pemahaman awal, diikuti dengan metode praktek untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris peserta didik. Evaluasi dan tindak lanjut dilakukan untuk memastikan pencapaian tujuan pembelajaran dan membantu peserta mengatasi kesulitan yang dialami. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan pendekatan dan metode yang tepat dalam pembelajaran dapat menghasilkan hasil yang maksimal dalam penguasaan bahasa Inggris.
Downloads
References
Akbar, M. F., & Mustangin, M. (2022). Transfer of Knowledge: Bukti Eksistensi Adat Bekudung Betiung Suku Dayak Ga’ai Kampung Tumbit Dayak Kabupaten Berau. SOSIOLOGI: Jurnal Kajian Ilmu Sosial Dan Budaya, 24(1), 26–38. https://doi.org/10.23960/sosiologi.v24i1.240
Ariyandi, E. H., Saepudin, A., & Komar, O. (2017). Pengelolaan Pembelajaran Kursus Dalam Menumbuhkan Kemampuan Berwirausaha Lulusan Kursus Komputer Desain Grafis Di LKP Ikma Majalaya. Pedagogia: Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(1), 1–15. https://doi.org/10.17509/pedagogia.v15i1.6556
Fadilla, A. R., Lukman, A. I., & Alisalman, M. (2022). Implementasi Pelatihan Pemasaran Digital Bagi Warga Belajar Paket C di PKBM Generasi Mandiri. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 168–174.
Fauziah, A., Luthfiana, B. N., Aisyiya, P., Fahman, I. N., Ramadhani, K. S., & Mustangin, M. (2023). Pemberdayaan Perempuan Melalui Aksi Pelatihan Pembuatan Eco Enzyme Untuk Mengatasi Permasalahan Sampah Organik di Kelurahan Air Putih, Kota Samarinda. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 5(3), 157–163. https://doi.org/10.36722/jpm.v5i3.2138
Fitriani, E., Julia, J., & Gusrayani, D. (2022). Studi Kasus: Kecemasan Berbicara Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing. Jurnal Basicedu, 6(2), 2312–2322.
Fitriani, Jatul, & Siti Zulpa Zahra. (2022). Problematika Mahasiswa Calon Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Micro Teaching di STIQ Amuntai. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(3), 259–267. https://doi.org/10.54259/diajar.v1i3.948
Fuadi, M. R., & Himmah, I. F. (2021). Implementasi Pembelajaran Program Pendidikan Kesetaraan Paket C Terhadap Peningkatan Taraf Hidup Warga Belajar Di PKBM Al Muttaqin Kabupaten Jember. Learning Community: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(1), 43. https://doi.org/10.19184/jlc.v5i1.25295
Harlina, H., & Yusuf, F. N. (2020). Tantangan Belajar Bahasa Inggris di Sekolah Pedesaan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(3), 325–334. https://doi.org/10.17509/jpp.v20i3.28191
Lestari, I. A., Singal, A. R., Wahyuni, S., Mustangin, M., & Lukman, A. I. (2022). Pemberdayaan Berbasis Pendidikan Keterampilan Membatik Untuk Peningkatan Kapasitas Perempuan di LKP At -Tigna. Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian, Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 9(3), 1–10.
Mustangin, Akbar, M. F., & Sari, W. N. (2021). Analisis Pelaksanaan Program Pendidikan Nonformal Bagi Anak Jalanan. International Journal of Community Service Learning, 5(3), 234–241. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i3
Nihayati, N., Said, M., & Wahyuningsih, W. (2022). Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik dengan Penerapan Apersepsi Visual Menggunakan Model Problem Based Learning. Journal LaGeografia, 20(3), 395. https://doi.org/10.35580/lageografia.v20i3.36063
Ocktavia, F. D. (2020). Mengelola Kegiatan Prapembelajaran Sebagai Upaya Menciptakan Proses Belajar yang Kondusif di Sekolah Dasar Negeri 3 Simpang Katis Bangka Belitung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 1–10.
Pratiwi, W. R., & Syahriani, I. (2020). Optimalisasi Pengajaran Bahasa Inggris Gratis melalui Weekly English Meeting. Jurnal SOLMA, 9(1), 55–67. https://doi.org/10.29405/solma.v9i1.3299
Rahayu, M. P., & Aniswita, A. (2023). Peran Guru dalam Proses Pembelajaran Matematika Era New Normal di Kelas X IPS SMAN 2 Mandau. Journal of Educational Management and Strategy, 2(1), 21–30. https://doi.org/10.57255/jemast.v2i1.227
Ramdiana, H. (2020). Apersepsi Pembelajaran Melalui Cerita-Cerita Lucu untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran dan Profesionalisme Guru dengan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Di SMAN 21 Garut. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(1), 18–28. https://doi.org/10.17977/um038v3i12019p018
Sanjaya, H., Misdalina, & Suryani, I. (2023). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri 1 Sunggutan. Journal on Education, 5(3), 7674–7682.
Saraka, S. (2020). Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Pendidikan Non-Formal di Kampung Inggris Kediri. Lingua, 17(1), 79–94. https://doi.org/10.30957/lingua.v17i1.629
Saripah, I., & Shantini, Y. (2016). Implementasi model pembelajaran mandiri program pendidikan kecakapan hidup perempuan. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 176. https://doi.org/10.21831/jppm.v3i2.11545
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bandung (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Penerbit Alfabeta.
Susanti, M. A. (2023). Model Terbaik Si Pro: Manajemen Pembelajaran Kursus Bahasa Inggris pada Lembaga Pendidikan B’Wikan Singaraja. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 134–141. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i1.60149
Yunika, E., Dwiyono, Y., Winarti, H. T., Mustangin, M., & Alisalman, M. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Binaan CSR PT. Badak NGL Berbasis Pendidikan Pada Pengembangan Ekowisata Kampung Selangan Bontang. Jurnal Sosio Dialektika, 7(2), 181–197. https://doi.org/10.31942/sd.v7i2.6630
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dona Monika, Saraka Saraka, Hepy Tri Winarti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



