PELATIHAN MENJAHIT BUSANA WANITA DALAM MENINGKATKAN LIFE SKILL: ANALISIS PERENCANAAN PROGRAM DI LKP RACHMA

Authors

  • Kiki Rahayu Universitas Mulawarman
  • Hepy Tri Winarti Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.30872/ls.v5i2.4781

Keywords:

Keterampilan Menjahit, Keterampilan Tata Busana Wanita, Pendidikan Nonformal, Perencanaan Program Pendidikan Nonformal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji proses perencanaan program pengembangan keterampilan menjahit busana wanita di LKP Rachma. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif, mengungkapkan proses perencanaan program pendidikan nonformal. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen dengan informan dari kepala LKP Rachma, instruktur, dan peserta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan program dimulai dengan identifikasi kebutuhan masyarakat, yang menjadi dasar dalam merancang program yang relevan dan menarik minat masyarakat. Proses rekrutmen peserta didik dilaksanakan setelah tahap persiapan program selesai, dengan promosi melalui berbagai media untuk menarik calon peserta. Proses ini menunjukkan bahwa perencanaan yang baik sangat penting untuk memastikan keberhasilan pelaksanaan program pendidikan nonformal dan mencapai tujuan yang diinginkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aprianto, R., Putri, V. R. S., & Suryawati, S. (2023). Penilaian Estetika Busana Pesta Berbahan Denim Dengan Teknik Draping. Practice of Fashion and Textile Education Journal, 3(2), 87–98. https://doi.org/10.21009/pftej.v3i2.24823

Baniah, E. N. S., Riyadi, & Singal, A. R. (2021). Analisis Penyelenggaraan Pelatihan Keterampilan Menjahit Busana Wanita Bagi Peserta Pelatihan di LKP Rachma Kota Samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 75–80. https://doi.org/10.30872/ls.v2i2.938

Dilla, A., Widiartini, N. K., & Mayuni, P. A. (2023). Pengembangan Busana Ready To Wear Dengan Sumber Ide Barong Landung. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 20(2), 168–177. https://doi.org/10.23887/jptkundiksha.v20i2.65653

Fatimatuzzahra, F., Riyadi, R., & Wahyuni, S. (2022). Pengembangan Masyarakat Melek Teknologi: Studi Penyelenggaraan Pelatihan Microsoft Office Di LKP Ghanesa Samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 81–89.

Ghazali, A. R., & Wahyuni, S. (2021). Analisis Perencanaan Program Pengembangan Keterampilan Aplikasi Google Sketchup Di LKP Multi Sarana Informatika Samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 142–147. https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/ls/article/view/1226

Ghufron, M., & Saraka, S. (2021). Proses Pelatihan Keahlian Kayu Bagi Karang Taruna Oleh CSR Pertamina Terminal Fuel Samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 75–80.

Hartanti, N. B. (2020). Pelatihan Kewirausahaan dalam Mengolah Rumput Laut menjadi Manisan dan Dodol pada Kelompok Belajar Sipatuo di LKP BBEC Bontang. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 23–27. https://doi.org/10.30872/ls.v1i2.431

Maulida, S., Fadhilah, & Nurbaiti. (2022). Pengembangan Keterampilan Menjahit Busana Wanita Bagi Wanita Usia Produktif di Desa Lamteungoh Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 7(1), 47–59.

Mustangin, M. (2020). Analisis Proses Perencanaan Program Pendidikan Nonformal bagi Anak Jalanan di Klinik Jalanan Samarinda. Pepatudzu : Media Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 16(1), 1–9. https://doi.org/10.35329/fkip.v16i1.656

Saptadi, S. (2020). Peran Instruktur Dalam Layanan Pembelajaran Peserta Kursus Mengemudimobil Roda Empat di LKP Cendana Samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 28–34. https://doi.org/10.30872/ls.v1i2.432

Saraka, S. (2020). Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Pendidikan Non-Formal di Kampung Inggris Kediri. Lingua, 17(1), 79–94. https://doi.org/10.30957/lingua.v17i1.629

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bandung (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Penerbit Alfabeta.

Weni, T. (2020). Analisis Proses Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Kesetaraan Paket B Berbasis Kurikulum 2013 di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Samarinda. Pepatudzu : Media Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 16(2), 89–95. https://doi.org/10.35329/fkip.v16i2.1765

Widiastri, D. A. D. (2020). Program Pelatihan Sebagai Upaya Pemberdayaan Korban Pasca Rehabilitasi Penyalahgunaan Narkoba di Rumah Damping Borneo BNN RI Samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 12–23. https://doi.org/10.30872/ls.v1i1.255

Downloads

Published

2024-12-28

Issue

Section

Articles