PERAN INSTRUKTUR DALAM LAYANAN PEMBELAJARAN PESERTA KURSUS MENGEMUDI MOBIL RODA EMPAT DI LKP CENDANA SAMARINDA

  • Saptadi Saptadi
Keywords: Peran Instruktur, Kursus, Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Instruktur Dalam Layanan Pembelajaran Kursus Mengemudi Mobil Roda Empat di LKP Cendana Samarinda. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitian ini adalah instruktur, peserta kursus dan pengelola LKP Cendana Samarinda. Sebagai narasumber adalah instuktur , peserta kursus dan pengelola program kursus mengemudi di LKP Cendana Samarinda. Pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan memverifikasi data. Hasil penelitian menunjukan pada 1) peran instruktur dalam layanan pembelajaran intruktur dalam program kursus mengemudi di LKP Cendana terlaksana dengan setiap instruktur memenuhi perannya sebagai motivator, informator, organisator, director, inisiator, fasilitator, mediator dan evaluator. Terbukti dengan terwujudnya
tujuan pembelajaran dari tiap peserta kursus.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Febrianto, Rendi Agung. 2016. Peran Tutor Dalam Layanan pembelajaran di Kursus Setir Mobil LPK EMKA Salatiga. (Skripsi). Universitas Negeri Malang.

Fiqkri, Dwijaya. 2014. Upaya Instruktur Dalam Meningkatkan Motivasi Peserta Kursus Pelatihan Instalasi Listrik Industri Di Balai Latihan Kerja (BLK) Provinsi Bengkulu. (Skripsi). Universitas Bengkulu.

Musfiqon. 2012. Panduan Lengkap Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya.

Raharjo, A . 2013. Teori-teori Pembangunan Ekonomi Pertumbuhan Ekonomi dan Pertumbuhan Wilayah. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Siswanto. 2013. Bimbingan Sosial. Semarang: Unnes

Undang – undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Published
2021-03-07
Section
Articles