PERAN TUTOR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAGI WARGA BELAJAR PAKET C PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) KEDONDONG SAMARINDA

  • Yasin Pakaya
Keywords: Peran Tutor, Peningkatan, Pembelajaran, Motivasi, Paket Siswa C

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran tutor dalam meningkatkan motivasi belajar warga belajar paket C dalam pembelajaran tatap muka yang terdiri dari kegiatan pendahuluan, inti dan penutup dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran dilakukan dengan sangat baik. baik dalam pengelolaan kegiatan pembelajaran yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. dijalankan secara sistematis. Tutor merupakan unsur terpenting dalam kegiatan pembelajaran, oleh karena itu peran tutor adalah sebagai motivator pada umumnya, tutor mampu menjalankan perannya sehingga tutor mampu meningkatkan motivasi belajar kepada warga belajar, tidak dapat dipungkiri bahwa Belajar merupakan suatu keharusan bagi warga belajar, oleh karena itu motivasi sangat penting artinya untuk dapat membangun semangat belajar bagi warga belajar dalam pendidikan kesetaraan paket C, sebagaimana diketahui bahwa dalam pendidikan kesetaraan paket C masyarakat belajar adalah tidak terpaut usia dan karena kondisi tersebut maka program pendidikan kesetaraan sangat membutuhkan peran tutor sebagai pembimbing dan pengajar. Sehingga dari hasil tersebut mereka memiliki pengetahuan tentang pendidikan dan keterampilan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daryanto 2016. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media

Janawi. 2013. Metodologi dan Pendekatan Pembelajaran. Yogyakarta: Ombak Dua.

Kamil, Mustofa. 2011. Pendidikan Non Formal Pengembangan Pusat Kegiatan Belajar (PKBM) Di Indonesia (Sebuah Pembelajaran Dari Kominkan Di Jepang). Bandung: Alfabet.

Kusnadi. 2015. New Pocket Book Biologi SMA Kelas X, XI, & XII.Jakarta: C Media.

Majid . 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Permendiknas No 3 tahun 2008 tentang standar proses pendidikan kesetaraan program paket C

Purwanto. 2015. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sardiman. 2014. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Susanto, Ahmad. 2018. Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Konsep, Teori Dan Aplikasinya. Jakarta: Prenadamedia Group.

Usman, Uzer Moh. 2013. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Undang undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Published
2021-03-07
Section
Articles