PENGARUH STRATEGI KOMUNIKASI DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPERCAYAAN KONSUMEN UNIT TRANSFUSI DARAH PMI KOTA MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.30872/ls.v5i1.3517Keywords:
Strategi Komunikasi, Komunikasi Publik, Konservasi DonorAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi komunikasi dan kualitas produk terhadap kepercayaan konsumen unit transfuse darah PMI Kota Makassar. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Komunikasi dan Kualitas Produk berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap Kepercayaan Konsumen, Keunggulan dan kualitas produk komponen darah UTD PMI Kota Makassar, selain pada aspek konsistensi pada penerapan standar pelayanan darah sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 91 Tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Transfusi Darah dan implementasi sistem standar mutu dan keamanan komponen darah, di setiap tahapan kegiatan mengacu pada Peraturan Kepala BPOM Nomor: 10 Tahun 2017 tentang penerapan Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) di UTD dan Pusat Plasmapheresis
Downloads
References
Alo, L. (2014). Sosiologi & komunikasi organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Anholt, S. (2007). Competitive Identity: The New Brand Management for Nations, Cities, and Regions, Penerbit PALGRAVE MACMILLAN, New York
Anwar, A. (2018). Strategi Komunikasi. Bandung: Armico Bandung
Armstrong & Philip, K. (2003). Manajemen Pemasaran, Edisi Kesembilan. Jakarta: PT. Indeks Gramedia
Ayu, M. R. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Darah Terhadap Kepuasan Konsumen di UTD PMI Kab.Kediri Yesy Kusumawati, Jurnal Multi Disiplin Madani (Mudima) Vol.2 No.1.
Amirullah, P. S., Siburian, S., & Zainuros, S. (2016). Pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda, Kinerja, Jurnal Ekonomi Dan Manajemen Vol13 No,2.
Bachman, R., & Akbar, Z. (2006). Handbook Of Trust Research, USA: Edward Elgar Publishing Inc.
Cangara, H. (2010). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.
Christoper, L., & Lauren, K. W. (2007). Manajemen Pemasaran Jasa. Indonesia: PT. Indeks
Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative Inquiry and Research Design Choosing Among Five Approaches (4th Edition ed.). Sage Publishing. California.
Doni, M. (2019). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran (Studi Kasus Strategi Komunikasi Pemasaran Merchandise di Kedai 8 Solo) Vol.3. No 1.
Effendy, O. U. 2014. Dinamika Komunikasi, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Effendy, O. U. (2000). Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi, Bandung: Citra Aditya Bakti
Effendy, O. U. (2017). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Fandy, T. (2004). Manajemen Jasa, Edisi Pertama, Yogyakarta, Andi Offset.
Feby, F. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Lembur Batik. Jurnal Universitas Winayamukti.
Fiske, J. (2012). Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta: PT Rajagrafindo Persada
Ghozali, I. (2018.) Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang
Hamim, S., & Indra, M. A. (2005). Organisasi Dan Manajemen, Perpustakaan Nasional, Jakarta.
Irdha, Y., & Widiawati, R. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Kepercayaan Pelanggan (Konsumen) di Erha Skin Padang Indonesian Journal Appliied Accounting and Finance Vol.I NO.1,85-113 June 2021 Indonesian Journal Appliied Accounting and Finance Vol.I NO.1,85-113 June 2021
Jefkins, F., & Daniel, Y. (2004). Public Relations. Jakarta: Erlangga Cherry, T. J., Jones, M., & McKee, M. (2010). Taxpayer information assistance services and tax compliance behavior. Journal of Economic Psychology, 31(4), 577 586.https://doi.org/10.1016/j.joep.2010.03.018
Julia, R. (2017). Pengaruh Gaya KepemimpinanTransformasional dan Human Capital terhadap Kinerja Karyawan pada PT Barkah Jaya Mandiri.” Cakrawala/ Vol.17. No.1, 2017
Kotler, P., & Kevin, L. K. (2013). Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Laporan Tahunan (Annual Report) 2018. Unit Donor Darah Pusat PMI.Laporan Tahunan UTD PMI Kota Makassar, 2022.
Larisu, Z. (2021). Layanan Dan Komunikasi Publik Menuju Good Governance. Surabaya: Global Aksara Press
Maharani, A. D. (2010). Analisis Pengaruh Kepercayaan dan Kepuasan terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Bank Mega Semarang. Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.
Masmuh, A. (2010). Komunikasi Organisasi dalam Perspektif Teori dan Praktik. Malang: Penerbit UMM Press.
Morissan. (2008). Manajemen Public Relations. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Meliana., Sulistiono., & Budi S. (2013). Pengaruh kualitas pelayanan dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembeliaan. Studi Kasus Pada Giant Hypermarket, Jurnal Ilmiah Manajemen Vol.3.
Oktarianita., Wulan, A., Henni., Febrianti., & Asririn, A. (2018). Analisis Pelayanan Bank Darah Rumah Sakit Daerah Dr.M. Yunus Bengkulu Jurnal Avicenna VOL.13 No.3, Desember
Pace, R., Watne., & Don, F. F. (2000). Komunikasi Organisasi. Bandung: Remaja Rosda Karya
Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 2019 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2018 tentang Kepalangmerahan.
Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor: 83 Tahun 2014 Tentang Jejaring Pelayanan Darah oleh Pemerintah, Pemerintah Daerah dan Palang Merah Indonesia.
Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 91 Tahun 2015 Tentang Standart Pelayanan Transfusi Darah.
Peraturan Kepala BPOM Nomor: 10 Tahun 2017 Tentang penerapan CPOB di UTD dan Pusat Plasmapheresis.
Poerwadarminta, W.J.S. (2014). Kamus Umum Bahasa Indonesia, Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka
Rakhmat, J. (2013). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya
Riski, R., Iyus, A., Haris., & Kadek, R. S. (2019). Pengaruh Kepercayaan Konsumen terhadap Minat Beli produk pakaian secara online, Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha Vol.11.
Robbins, S.P. & Judge, T. A. (2015). Perilaku Organisasi. Edisi Enam Belas. Alih Bahasa: Ratna Saraswati dan Febriella Sirait. Jakarta: Salemba Empat
Ruben, B., & Lea P. S. (2014). Komunikasi dan Perilaku Manusia, (Penerjemah Ibnu Hamad), PT Raja Grafindo Persada, Jakarta
Ryan Tio, P., Khasanah, I., & Manajemen, J. (2016). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Desain Produk, Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Merek Vicious Colony Di Werehouse Store, Banjarmasin. Diponegoro Journal of Management, 5, 1–15. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr
Stoner, A.F., James., & Edward, F. (2011). Manajemen Jilid I, terj. Alexander Sindoro, Jakarta: PT Prahallindo
Undang-Undang Republik Indonesia, Nomor 36 tahun 2009 Tentang Kesehatan.
Undang-Undang Republik Indonesia, Nomor 1 tahun 2018 Tentang Kepalangmerahan.
Wahyudi, R. (2018). Kualifikasi Publik Relation Frank Jefkins Perspektif Islam, Jurnal Iliah at Tanzir Vol. X Juli.
Zeithaml, V.A., M.J. Bitner, D. D., & Gremler. (2013). Services Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm 6 thed. Mc.Graw-Hill. Bostopn