PERAN TUTOR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA PROGRAM KESETARAAN PAKET C DI PKBM MAHAKAM JAYA

  • Iyosri Sushana Purba Universitas Mulawarman
  • Hepy Tri Winarti
  • A. Ismail Lukman Universitas Mulawarman
Keywords: Peran Tutor, Motivasi Belajar, Paket C

Abstract

Dalam dunia Pendidikan, motivasi belajar mempunyai peranan penting untuk mencapai keberhasilan belajar. Keberhasilan belajar yang tinggi akan dapat diraih apabila ada keinginan belajar. Keinginan itu akan muncul apabila ada dorongan motivasi baik dalam diri warga belajar atau luar dalam diri warga belajar. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Peran tutor dalam meningkatkan motivasi belajar program paket C di PKBM Mahakam Jaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif didasarkan pada data yang diperoleh melalui: Observasi, Wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tutor telah menjalankan perannya yaitu sebagai pemberi informasi dan inovasi kepada warga belajar. Tutor sebagai organisator, yaitu mengorganisasikan sumber belajar untuk memilih media belajar yang tepat untuk digunakan sebagai bahan pembelajaran. kemudian sebagai pemberi motivasi kepada warga belajar agar memiliki semangat belajar dan dapat mengembangkan diri secara optimal. Selanjtnya tutor mengarahkan warga belajar sesuai minat belajarnya dengan mencapai tujuan belajar dan membuat ide-ide bagaimana agar proses pembelajaran di dalam kelas selalu berjalan baik. Tutor juga mengoptimalkan pembelajaran walaupun kadang terdapat beberapa hal yang menjadi kendala saat akan dilaksanakannya proses belajar mengajar. Serta berperan sebagai fasilitator yang menarik perhatian warga belajar dalam proses belajar dengan menyediakan berbagai fasilitas untuk warga belajar. Kemudia berperan sebagai mediator yaitu mengefektifkan proses kegiatan belajar mengajar dengan pemahaman yang cukup tentang media pendidikan. Terakhir tutor berperan sebagai evaluator yang memberi nilai pada hasil pekerjaan warga belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amna. 2017. Strategi Membangun Motivasi Dalam Pembelajaran Orang Dewasa. Bandung: Andira.
Anggito, Albi, & Setiawan, Johan. 2018. Metode
Penelitian Kualitatif. Sukabumi. CV
Arikunto, Suharsimi. 2015. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahir. 2015. Pisikologi Belajar Edisi Kedua. Jakarta: Rineka Cipta.
Fathurrohman, Papuh dan Sobry, Sutikno. 2010. Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum. Bandung: PT. Refika Aditama.
Fatma. 2018 Peran Tutor Dalam Meningkatkan Motivasi Berprestasi Warga Belajar Paket C Di PKBM Dharma Bekti Kecamatan Cibinong Bogor Jurnal Untirta.
Hamalik, Oemar. 2017. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Hardani. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta. Pustaka Ilmu. Cetakan pertama Hal 121-125.
Haryanto, Toni, Nike. 2017 Upaya Tutor Kesetaraan Paket B Dalam Meningkatkan Proses Belajar Peserta Didik di PKBM Geger Sunten Jurnal Pendidikan Luar Sekolah. Hal.37-51.
Hilman. 2018. Perancanaan Pembelajaran (mengembangkan standar kompetensi Guru). Bandung: Remaja Rosda karya.
Jejak. Hal 9 dan 255.
Kamil, Mustofa. 2017. Pendidikan Nonformal. Bandung: Alfabeta.
Kusnadi. 2016. Pendidikan Keaksaraan: Filosofi, Strategi, Implementasi. Jakarta: Depertemen Pendidikan Nasional.
Levinson. 2018. Psikilogi Belajr. Jakarta: Raja Granfindo Perkasa.
Maskuri. 2020. Strategi Dan Metode Pembelajaran. Bandung: Adira.
Moleong, Lexy J. 2018. Pendidikan dan Tenaga Kependidikan PLS. Diakses dari http://naingg.blogspot.com/2018/05/pendidikan-dan-tenaga-kependidikanpls.html. Pada Tanggal 12 februari 2016. Pada Pukul 12.00 WITA
Nasution 2015. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito
Nurdin, Ismail, & Hartati, Sri. 2019. Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya. Media.
Nurmala. 2014. Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Didaktikan Jurnal Kependidikan.
Peraturan Mentri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 tahun 2010Tentang Jabatan Fungsional Pamong Belajar dan Angka Kreditnya.
Sahabat Cendekia. Hal 178.
Sanjaya, Amna. 2017. Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantaida Jurnal.
Sardiman. 2015. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Septiani. 2016.Motivasi Belajar Warga Belajar Dalam Mengikuti Pendidikan Kesetaraan Program Kelompok Belajar Paket C di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Tunas Bangsa Brabes. Skripsi FIP, UNES Semarang.
Setiawan. 2019. Analisis Berbagai Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Kelas IVSDN 3 Tebaban. Jurnal didikta.
Smith. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Gramedia.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D).Alfabeta CV. Hal 15.
Sugiyono.2016. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D: Bandung:Alfabeta.
Sulham. 2011. Beberapa Aspek Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta:Rineka Cipta.
Supartini. 2013. Buku Ajar Konsep Dan Keperawatan Anak. Jakarta: EGC
Suranto, 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Suyanto Dan Djihad,A. 2013. Menjadi Guru Professional (Strategi Meningkatkan Kualifikasi Dan Kualitas di Era Global). Jakarta: Esensi Erlangga Group.
Syarif. 2020. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Undang Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional.
Uno,Hamzah. 2018. Teori Motivasi & Pengukurannya Analisis Di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
User Usman, Moh. 2020. Menjadi Guru Professional. Bandung: Rosda Karya.
Wibowo. 2013. Motivasi Pembelajaran (Perspektif Guru dan Siswa). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Yasin. 2020. Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Didaktika jurnal kependidikan.
Published
2023-12-30
Section
Articles