STRATEGI KOMUNIKASI PUBLIK UNIT TRANSFUSI DARAH PALANG MERAH INDONESIA KOTA MAKASSAR DALAM PELESTARIAN DONOR

  • M. Khudri A
  • Syamsu Rizal
  • Muhammad Akbar
Keywords: Strategi Komunikasi, Komunikasi Publik, Konservasi Donor

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pelaksanaan komunikasi publik UTD PMI Kota Makassar dalam pelestarian donor dan pengaruh atau dampak komunikasi publik yang telah dilakukan meningkatkan kesadaran masyarakat berpatisipasi dalam pelestarian donor darah. Penelitian dilaksanakan di UTD PMI Kota Makassar. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan kajian dokumen. Data dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan analisis kualitatif. Informan utama dalam pengumpulan data adalah ketua PMI, Kepala UTD dan Staf UTD PMI Kota Makassar, dan wawancara pendonor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi publik yang efektif memiliki dampak positif dalam meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya donor darah. Kampanye komunikasi, terutama melalui media sosial dan mendorong prakarsa pendonor darah, telah berhasil dalam menginspirasi partisipasi pendonor pemula dan mempertahankan komitmen pendonor rutin. Kerjasama dengan pihak ketiga dan penghargaan kepada pendonor yang setia juga berkontribusi pada efektivitas strategi komunikasi publik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arni, M. 2011. Komunikasi Organisasi, Bumi Aksara.Jakarta
Astuti, Yuli & Dyah, Ar. 2019. Hubungan Komunikasi Efektif dengan Kepuasan Pendonor Darah dalam Pelayanan Seleksi Donor di Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia Kota Yogyakarta,
Barnawi & Arifin, M. 2012. Strategi dan Kebijakan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Ar-Ruzz Media. Jogjakarta.
Bungin, Burhan. 2008. Analisis Data Penelitian Kualitatif: Pemahaman Filosofis dan Metodologis ke Arah Penguasaan Model Aplikasi. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta
-------, Burhan. 2011. Penelitian Kualitatif. Kencana Prenada Media Group. Jakarta
Cangara, Hafied. 2010. Pengantar Ilmu Komunikasi. Rajawali Pers. Jakarta.
Creswell, J. W., & Poth, C. N. 2018. Qualitative Inquiry and Research Design Choosing Among Five Approaches (4th Edition ed.).: Sage Publishing. California.
Deddy Mulyana, 2019. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. PT Remaja Rosdakarya, Bandung
De Vito, Joseph. 2011, Komunikasi Antarmanusia, (alih bahasa Agus Maulana, Karisma), Pamulang, Tangerang Selatan.
Dijkzeul, Dennis, Moke & Markus. 2005. Public Communication Strategies of International Humanitarian Organizations. Vol. 87.
Effendy, Onong, U. 2007. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek, Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Fadhal, S. 2020. Komunikasi Publik di tengah Krisis: tinjauan komunikasi Pemerintah dalam Tanggap Darurat Pandemi covid-19. Jakarta: Universitas Al-Azhar Indonesia Press.
Fazryah, N. 2022. Strategi komunikasi dalam proses pembelajaran online pada dosen dan mahasiswa jurusan komunikasi dan penyiaran islam angkatan 2019. Diploma thesis. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Kriyantono, R. 2020. Teknik praktisriset komunikasi kuantitatif dan kualitatif disertai contoh praktis Skripsi, Tesis, dan Disertai Riset Media, Public Relations Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Rawamangun: Prenadamedia Group.
Larisu, Zulfiah, Jopang, Muhammad Yusuf. 2020. Pemberdayaan Masyarakat Melalui Transformasi Perpustakaan Desa. Global Aksara Pres. Surabaya
Littlejohn, Stephen W & Karen A. Foss. 2009. Teori Komunikasi, edisi 9. Salemba Humanika. Jakarta.
Moleong, Lexy. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.
Morissan, Manajemen Public Relations, 2008. Kencana Prenada Media Group, Jakarta.
Murniarti, Erni. 2019. Komunikator, Pesan, Media/Saluran, Komunikan, Efek/Hasil dan Umpan Balik, FKIP-UKI, UGM. Yogyakarta.
Rogers, E. M. 1985. Komunikasi dan Pembangunan : Perspektif Kritis. Jakarta : LP3ES.
Ruben, BrentD. Dan Lea P. Stewart; 2014, Komunikasi dan Perilaku Manusia, (Penerjemah Ibnu Hamad), PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Schiffman, L.G., & Kanuk, L.L. 2010. Consumer Behaviour (10th ed). New Jersey, Pearson Prentice Hall.
..........., Leon. & Kanuk, Leslie. 2015. Consumer Behaviour Eighth Edition: International Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall. (Alih Bahasa Rio, Yulihar, dan Reni).
Sugiyono, 2020. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sumarwan. Ujang, dkk. 2011. Riset Pemasaran Dan Konsumen. PT. Penerbit IPB Pers. Bogor.
Sunarjo S. Djoenaesih dan Sunarjo, 1983, Istilah Komunikasi, Edisi 2, Liberty, Yogyakarta.
Yoga, Erda R, Chairul, A &, Kheyene, M, B. 2019. Analisis Kegiatan Komunikasi Unit Transfusi Darah PMI Kota Samarinda dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Melakukan Donor.
Published
2023-12-30
Section
Articles