PRAKTIK CSR PLN NUSANTARA POWER UP PAITON MELALUI PROGRAM PETERNAKAN TERINTEGRASI DESA SELOBANTENG

  • Damiana Vania Puspita PT PLN Nusantara Power Unit Pembangkitan Paiton
Keywords: Corporate Social Responsibility, Pemberdayaan Masyarakat, Peternakan

Abstract

Penelitian ini berfokus pada implementasi Program Manajemen Ternak Sapi Terintegrasi di Desa Selobanteng. Tujuan dari adanya kajian ini ialah untuk menjabarkan penerapan kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dilaksanakan oleh PLN Nusantara Power UP Paiton melalui program CSR. Program ini terbentuk berdasarkan potensi utama desa, yaitu peternakan sapi skala rumahan. Sapi merupakan aset bagi masyarakat Desa Selobanteng yang akan dijual ketika mereka membutuhkan dana darurat atau dana dengan nominal yang tidak sedikit. Sedangkan, permasalahan utama yang dihadapi masyarakat terkait pengelolaan pakan, kesehatan, dan limbah ternak. Penelitian ini disusun dengan metode kualitatif deskriptif dan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Analisis data penelitian ini berdasarkan pada konsep penerapan 5 langkah perumusan program CSR dan perwujudan 3 poin implementasi program pemberdayaan. Dampak dari adanya program pemberdayaan tidak hanya pada aspek lingkungan saja, tetapi juga pada peningkatan pendapatan, bertambahnya pengetahuan dan wawasan masyarakat, penghematan pengeluaran, serta semakin kuatnya rasa solidaritas antar kelompok. Kemandirian dalam implementasi program pemberdayaan di Desa Selobanteng sudah mulai nampak. Hal ini menunjukkan keberhasilan penerapan kegiatan pemberdayaan masyarakat melalui program CSR yang dilakukan oleh PLN Nusantara Power UP Paiton di Desa Selobanteng

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badan Pusat Statistik Kabupaten Situbondo. (2022). Kecamatan Banyuglugur Dalam Angka 2022.
Nazir, M. (1988). Metode Penelitian (3rd ed.). Ghalia Indonesia.
Priambudi, H. W., Alifah, P. N., Mandayati, A., Wibowo, F. J., Ricoh, R. O., Selatan, S. B., Pertamina, P. T., Niaga, P., Terminal, F., & Baai, P. (2022). Community Empowerment of Enggano Island With CSR Program Implementation PT Pertamina Patra Niaga Sumatera Bagian Selatan. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 1(3), 128–136.
Rosyida, I., Fredian, D., & Nasdian, T. (2011). Society and Stakeholder Participation in Corporate Social Responsibility (CSR) Program and the Impact of Rural Community (Vol. 05).
Soetomo. (2018). Pemberdayaan Masyarakat Mungkinkah Muncul Antitesisnya (4th ed.). Pustaka Pelajar.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (2nd ed.). Penerbit Alfabeta.
Suharto, E. (2009). Pekerjaan Sosial di Dunia Industri Memperkuat CSR (Corporate Social Responsibility) (Kedua). Alfabeta.
Susanto, C. M. (2016). Pengaruh Good Corporate Governance, Corporate Social Responsibility, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Lilis Ardini Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya.
Published
2023-06-13
Section
Articles