DAMPAK PROGRAM CSR PENDIDIKAN ANAK SAD (SUKU ANAK DALAM) BINAAN PT PERTAMINA HULU ENERGI JAMBI MERANG: ANALISIS SOCIAL RETURN ON INVESTMENT (SROI)

  • Fatika Hastigerina Ananda PT Pertamina Hulu Energi Jambi Merang
Keywords: CSR, Pendidikan, SAD (Suku Anak Dalam), SROI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat dampak program CSR PT Pertamina Hulu Energi Jambi Merang di bidang pendidikan bagi anak SAD (Suku Anak Dalam) melalui analisis Social Return on Investment. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif dengan menggunakan sumber data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui observasi dan wawancara, sedangkan data sekunder diperoleh melalui beberapa sumber literatur. Berdasarkan hasil perhitungan SROI untuk program tersebut, dapat disimpulkan bahwa investasi sosial yang dilakukan pada program telah layak untuk dilakukan karena memiliki skor SROI lebih dari satu atau dapat dikatakan positif selama pelaksanaan program. Sesuai hasil analisis perhitungan SROI, program tersebut telah menghasilkan manfaat yang lebih besar dari biaya program. Namun demikian masih perlu diupayakan untuk meningkatkan dan memperluas cakupan manfaat dari program tersebut.    

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astarika, R. (2016). Konflik Agraria Suku Anak Dalam Jambi Dalam Tinjauan Sosiologi. Indonesia yang Berkeadilan Sosial tanpa Diskriminasi, 109-124.
Hadisuamardjo, H. (2014). Efektivitas Implementasi Kebijakan Program Csr Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Administrasi Pendidikan, 1-17.
Kurniawan, R. A., Resmanda, S. L., Raharjo, S. T., Resnawati, R., & Irfan, M. (2020). Implementasi Corporate Social Responsibility (Csr) Dalam Bidang Pendidikan Melalui Pembangunan Dan Pengembangan Perpustakaan. Prosiding Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (pp. 280-295). Bandung: Universitas Padjadjaran.
Rina Astarika, E. P. (2019). Membangun Sumber Daya Manusia Berkelanjutan Pada Komunitas Adat Terpencil (Studi Kasus Suku Anak Dalam Di Taman Nasional Bukit Dua Belas Jambi). Jurnal INSTEK, 52-62.
Santoso, M. B., Adinegara, R., Ismanto, S. U., Mumajad, I., & Mulyono, H. (2018). Penilaian Dampak Investasi Sosial Pelaksanaan Csr Menggunakan Metode Social Return On Investmen (Sroi). Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Bisnis dan Kewirausahaan, 153-167.
Sukasmanto, Indriani, R., & Fikri, A. (2022). Laporan Social Return On Investmen Program Perhutanan Sosial Inovatif Berbasis Pemberdayaan Masyarakat Edukatif Pt Pertamina Hulu Energi Jabi Merang. Yogyakarta: Sodec Ugm.
Published
2023-06-13
Section
Articles