HUBUNGAN MOTIVASI KERJA DAN KINERJA PEGAWAI DI BALAI KOTA MAKASSAR

  • Wahyuni Husnah Sekolah Tinggi iIlmu Kesejahteraan Sosial Tamalanrea Makassar
Keywords: Motivasi Kerja, Kinerja

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk menganalisa hubungan motivasi kerja terhadap kinerja pegawai di Balai Kota Makassar; dan (2) Untuk menganalisa hubungan motivasi kerja terhadap kinerja dan lingkungan kerja pegawai di Balai Kota Makassar;  Penelitian ini dilaksanakan di Kota Makassar. Adapun Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh pegawai satuan pamong praja yang berusia 26-55 tahun, baik PNS atau PPPK. Yaitu sebanyak 54 pegawai Responden penelitian ditentukan dengan teknik pengambilan sampel yang diambil dalam penelitian adalah menggunakan teknik random sampling. Data primer dikumpulkan dengan membagikan kuesioner, data yang terkumpul selanjutnya disajikan dalam bentuk angka dan dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan SPSS.20.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif antara motivasi kerja dengan kinerja pegawai. Sehingga hipotesis yang diajukan diterima. Faktor motivasi kerja memiliki hubungan langsung dengan kinerja individual para pegawai.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Damayanthi, E.L. (2019). Hubungan antara stress kerja dan motivasi kerja dengan kinerja karyawan. Persona; Jurnal Psikologi Indonesia, 4(1).
Desy, A. P, dkk. (2020). The effect of Work Motivation and Compensation on Employee Performance. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding. 7(3).
Ermita. (2019). Kontribusi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadapa Kinerja Guru Di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. HIJRI, Jurnal Manejemen Pendidikan Dan Keislaman, 8(1), 107–123.
Hasibuan, S.M. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi revisi cetakan ke-8. Jakarta: PT. Grafindo Persada
Jaya, I. & Ningsih, S. (2018). Hubungan motivasi kerja dengan kinerja karyawan pada PT. KAO Indonesia. Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi. 2(1), 20 29.
Karawanep, M. C & Rumayar.A. Adisti. (2021). Hubungan antara motivasi kerja dengan kinerja pegawai di Puskesmas Yendidori Kabupaten Biak Provinsi Papua. Jurnal Kesmas. 10 (2), 111-116.
Tumiwa. F.A.R. dkk. (2021). Reinventing Human Resources Management (Creativity, Innovation and Dynamics). Yogyakarta: CV. Diandra Primamitra Media
Putra. R. A. (2022). Hubungan antara motivasi kerja dan kinerja karyawan Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah. Skripsi (Online). Universitas Islam Sultan Agung
Rahmawati, R., Mitariani, N. W. E., & Atmaja, N. P. C. D. (2021). Pengaruh Lingkungan Kerja, Stres Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Indomaret Co Cabang Nangka. Jurnal EMAS, 2(3), 301
Setiawan. N. (2021). Determinasi Motivasi Kerja dan Kinerja pegawai: Total Quality Management dan Gaya Kepemimpinan (Literature review manajemen sumberdaya manusia). 1(3), DOI: https://doi.org/10.38035/jihhp.v1i3
Sinambela, L.P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Syardiansah, & Utami, M.P. (2019). Pengaruh Lingkungan, Disiplin dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan PT. Pati Sari di Aceh Tamiang. Jurnal Konsep Bisnis dan Manajemen. 5(2), 196-205.
Subroto, D.E. Fidziah, Wandi. D. & Suhaemi. (2022). Pengaruh Motivasi Kerja dan Tunjangan Kinerja Terhadap Kinerja Pegawai MAN 1 Kota Serang. Jurnal Economia. 1(1).
Sugiyono. (2019). Metodepenelitianpendidikan: Pendidikan kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Varamita. A. (2018). Analisis Regresi Logistik dan Aplikasinya pada Penyakit Anemia untuk Ibu Hamil di RSKD Ibu dan Anak Siti Fatimah Makassar. Skripsi online. Fakultas Matematika Universitas Negeri Makassar
Winardi. (2018). Motivasi dan permotivasian dalam manajemen. Cetakan pertama. Jakarta: PT. Raja Grafindo
Yuniarti, D. & Suprianto, E. (2020). Pengaruh gaya kepemimpinan dan tingkat pendidikan terhadap kinerja karyawan pada Direktorat Operasi Produksi PT. X. Jurnal Industri Elektro dan Penerbangan, 4(1), 11-19.
Published
2022-12-30
Section
Articles