ANALISIS PERANAN SUNAN GIRI DALAM PROSES ISLAMISASI DI JAWA BERDASARKAN FUNGSI AGIL

  • I Putu Adi Saputra Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Lianda Dewi Sartika Universitas Mahasaraswati Denpasar
Keywords: Proses Islamisasi, Sunan Giri, Teori AGIL

Abstract

Setelah keruntuhan Majapahit pada abad XV, agama Islam kemudian berkembang sangat pesat seiring dengan meluasnya pengaruh kerajaan Demak yang berbasis Islam di pulau Jawa. Proses Islamisasi di pulau Jawa dilakukan oleh para wali yang dikenal dengan sebutan Wali Songo. Salah satu dari Wali Songo itu adalah Sunan Giri yang memegang peranan penting dalam proses Islamisasi tersebut. Indonesia, khususnya pulau Jawa yang sebelumnya kental akan budaya dan agama Hindu-Buddha kemudian dapat beralih menjadi penganut Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses Islamisasi yang dilakukan oleh Sunan Giri di pulau Jawa berdasarkan fungsi AGIL dalam teori fungsionalisme struktural Talcott Parson. Metode penelitian yang digunakan dalam tulisan ini adalah kualitatif deskriptif melalui studi kepustakaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alrianingrum, Septia; Kasdi, A. S. (2011). Abad 19: Episode Feodalisasi & Modernisasi Dalam Sejarah Indonesia. Unesa University Press.
Amalia, R. (2019). Komunikasi Antar Umat Beragama dalam Perspektif Teori AGIL Talcott Parsons di Sidoarjo. In Pasca Sarjana Universitas Islam Negeri Sunan Ampel. UIN Sunan Ampel Surabaya.
Farij, A. (2019). Makna Sekolah Lapang Usaha Nelayan “Yayasan Srikandi” Bagi Masyarakat Pesisir Dalam Teori Struktur Fungsional Tallcot Parsons Di DesaKarang Agung Kecamatan Palang Kabupaten Tuban. UIN Sunan Ampel Surabaya.
Fiqri, Y. Al. (2019). Teknologi Perkapalan Nusantara Abad Ke-16 - 18 m. Sejarah Dan Budaya, 14 (1), 1–21. https://doi.org/10.17977/um020v14i12020p1
Kasdi, A. (2014). Kepurbakalaan Sunan Giri: Sosok Akulturasi Kebudayaan Indonesia Asli, Hindu-Budha, dan Islam Abad 15-16. Unesa University Press.
Prasetya, A., Nurdin, M. F., & Gunawan, W. (2021). Perubahan Sosial Masyarakat dalam Perspektif Sosiologi Talcott Parsons di Era New Normal. Sosietas Jurnal Pendidikan Sosiologi, 11(1), 929–939.
Published
2021-09-21
How to Cite
Saputra, I. P. A., & Sartika, L. D. (2021). ANALISIS PERANAN SUNAN GIRI DALAM PROSES ISLAMISASI DI JAWA BERDASARKAN FUNGSI AGIL. Langgong: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(1), 23-30. https://doi.org/10.30872/langgong.v1i1.674
Section
Articles