Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Time Token Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa di SMP Negeri Karang Jaya

  • Riska Ariyati STKIP PGRI Lubuklinggau
  • Isbandiyah Isbandiyah STKIP PGRI Lubuklinggau
  • Agus Susilo STKIP PGRI Lubuklinggau
Keywords: Hasil Belajar, Time Token

Abstract

Tujuan dalam  Penelitian ini  adalah untuk megetahui pengaruh pembelajaran menggunakan model Time Token terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas VIII di SMP Negeri Karang Jaya. Jenis pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Jenis Instrumen Penelitian  yang akan digunakan adalah yang berbentuk pilihan ganda berjumlah 24. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah teknik kuantitatif dengan menggunakan bantuan program SPSS Versi 16. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas VIII tahun pelajaran 2020/2021 dengan jumlah siswa 188. Sampel yang diambil dalam penelitian adalah kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen  dengan jumlah siswa 30 dan VIII-C dengan  jumlah siswa 26 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen  diberikan perlakuan dengan mengunakan model Time Token pada materi pembelajaran Latar Belakang Kedatangan Bangsa-Bangsa Barat Ke Indonesia dan kelas Kontrol diberiakan pembelajaran mengunakan metode konvesional . Dari  hasil analisis data tes akhir di peroleh nilai sig = 0,008. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis, 0,008 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh hasil belajar IPS dengan menggunakan model Time Token dan metode Konvensional pada siswa kelas VIII di SMP Negeri Karang Jaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, dkk.(2013). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: Unisula Press.
Aman. (2011). Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah. Yongyakarta: Ombak.
Anugrawati, Yulia. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Time Token Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa, Jurusan Ilmu- Ilmu Sosial Unipersitas Tanjungpura Pontianak.
Budiyanto, Krisno Agus. (2016). Sintanks 45 Metode Pembelajaran dalam Student Centered Learning (SCL). Malang: Universitas Muhammaiyah Malang.
Jihad, Asep dan Haris, Abdul. (2010). Evaluasi Pembelajaran. Yongyakarta: Multi Presindo.
Latifah, S. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Berbatu Puzze Tehadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik kelas X Pada Materi Gelombang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni. 4 (1), 13-23.
Priyatno, Duwi. (2010). Paham Analisis Data dengan SPSS. Yogyakarta: Media Kom.
Slamato.(2010). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Nurhayati & Utami. (2014). Peningkatan Aktivitas Belajar Melalui Model Tipe Time Token IPS kelas VIII DI SMP. Jurnal. Pendidikan dan Pembelajaran.
Rosmani, S. dan Sari, P,R. (2014). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Untuk Meningkatan Aktivitas Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 32 Pekan Baru Tahun Pembelajaran 2011/2012. Jurnal pendidikan Saind dan Biologi, 8, (1) 54-66.
Published
2021-08-31
How to Cite
Ariyati, R., Isbandiyah, I., & Susilo, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Time Token Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa di SMP Negeri Karang Jaya. Langgong: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(1), 31-39. https://doi.org/10.30872/langgong.v1i1.489
Section
Articles