Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM): Program Magang dan Aplikasinya dalam Pendidikan Sejarah

  • Rizal Izmi Kusumawijaya Universitas Mulawarman
  • Ismi Novianti Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Tubagus Umar Syarif Hadi Wibowo Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Keywords: Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, Magang, Pembelajaran Sejarah

Abstract

Kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka bertujuan menyiapkan mahasiswa menghadapi perubahan sosial, budaya, ekonomi, dan kemajuan teknologi di masa depan. Program-program MBKM diharapkan dapat memberi pengalaman kontekstual lapangan yang akan meningkatkan kompetensi mahasiswa. Melalui program magang, mahasiswa akan merasakan pengalaman belajar di dunia kerja dan lebih matang mempersiapkan karir. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, studi literature dilakukan dengan menelaah sumber pustaka dan analisis fenomena terkait. Hasil penelitian menunjukan bahwa program magang mampu meningkatkan soft skills dan hard skills mahasiswa dengan pemecahan masalah di lapangan, menambah jejaring pertemanan dan meng-update pembelajaran di perguruan tinggi. Di Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP Untirta terdapat mata kuliah Sejarah Pergerakan Nasional Indonesia dan Program Pengalaman Lapangan Kependidikan yang mendorong mahasiswa untuk magang sebagai educator di Museum Kebangkitan Nasional, dengan hal tersebut mahasiswa belajar langsung memandu pengunjung dan mendalami sejarah kebangkitan Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Khilok, H. Bisri, AK. L et al. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Berdasarkan Persepsi Dosen dan Mahasiswa. Jurnal Basicedu, 6(1), 739-746. DOI : https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2045
A. Syamsuadi, H. Sepriyani, S. Endrini et al. (2020). Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Universitas Abdurrab pada Program Magang Mahasiswa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1342-1346. DOI : https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2203
Anggraini, D., & MY, A. S. (2021). Analisis Dampak Kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka terhadap Mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Sahid. Management and Accounting Expose, 4(2), 115–128. http://jurnal.usahid.ac.id/index.php/accounting/article/view/546
Asiah, N. (2021). Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (Studi Pada Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Makassar). Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24.
D. Aswita. (2021). Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM): Inventarisasi Mitra dalam Pelaksanaan Magang Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952, 2013-2015.
Fuad, T. M. (2021). Konsep Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM): Aplikasinya dalam Pendidikan Biologi. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951– 952., (3), 2013–2015.
Kebijakan Pendidikan dan Pendidikan sebagai Kebijakan Publik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Kemendikbud. (2020). Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Kemendikbud RI
M. Yamin. (2009). Menggugat Pendidikan Indonesia: Belajar dari Paulo Freire dan Ki Hajar Dewantara. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Mei, A., Naja, F. Y., & Kusi, J. (2022). Implementasi Kebijakan “Merdeka Belajar, Kampus Merdeka” pada Perguruan Tinggi Swasta: Survey Pendidikan Sejarah Universitas Flores. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2066–2076. DOI : https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2010
Nazir, M. (2017). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia
Noventari. (2016). Harmonisasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Sistem Among Sesuai dengan Alam Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara. Retrieved from http://repository.um.ac.id/87834/
Rijali, A. (2019). ANALISIS DATA KUALITATIF. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. DOI : https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
Sudaryanto, W. Widayati, R. Amalia et al. (2020). Konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dan Aplikasinya dalam Pendidikan Bahasa (dan Sastra) Indonesia. Kode: Jurnal Bahasa, 9(2), 78-89. DOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v9i2.18379
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta Tilaar & Nugroho, R. (2012). Kebijakan Pendidikan: Pengantar Untuk Memahami
Suteja, J., & Pasundan, U. (2020). KAMPUS MERDEKA: MERDEKA BELAJAR oleh: Jaja Suteja 1, (June).
W. Nugroho. (2020). Merdeka Belajar Sebuah Pilihan. Banten: INDOCAMP
Published
2022-06-30
How to Cite
Kusumawijaya, R. I., Novianti, I., & Wibowo, T. U. S. H. (2022). Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM): Program Magang dan Aplikasinya dalam Pendidikan Sejarah. Langgong: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(1), 1-13. https://doi.org/10.30872/langgong.v2i1.1613
Section
Articles