Pengaruh model pembelajaran IKRAR dengan metode eksperimen terhadap hasil belajar siswa SMA pada materi larutan asam dan basa

  • Nur Annisa Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Muflihah Muflihah Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Ratna Kusumawardani Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
Keywords: IRAR, metode eksperimen, hasil belajar, larutan asam dan basa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran IKRAR (Inisiasi, Konstruksi-Rekonstruksi, Aplikasi, dan Refleksi) dengan metode eksperimen terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIPA pada materi larutan asam dan basa di SMA Negeri 1 Kota Bangun tahun ajaran 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 3 dan XI MIPA 4 yang menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah siswa masing-masing kelas sebanyak 29 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes yang diberikan pada post-test dan ulangan akhir bab. Uji statistik dilakukan dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 78,44 dan kelas kontrol adalah 73,64. Hasil uji t menunjukkan bahwa kedua hasil belajar siswa kelas sampel berbeda signifikan. Jadi terdapat pengaruh model pembelajaran IKRAR dengan metode eksperimen terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIPA pada materi larutan asam dan basa di SMA Negeri 1 Kota Bangun tahun ajaran 2017/2018.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-31
Section
Articles