Perbedaan hasil belajar antara siswa SMK yang diajar dengan model pembelajaran Bacapetangsi dan Cobasi pada pokok bahasan struktur atom
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran Bacapetangsi (Bahas-Catat-Petakan-Tanggapi-Simpulkan) dan siswa yang diajar dengan model pembelajaran Cobasi (Contoh-Bahas-Simpulkan) pada pokok bahasan struktur atom Penelitian ini dilaksnakan di SMK Husada Prima Samarinda tahun ajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Husada Prima Samarinda. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purpossive sampling dan diperoleh dua kelas siswa, masing-masing berjumlah 19 orang. Satu kelas diajar menggunakan model pembelajaran Bacapetangsi dan satu kelas diajar dengan menggunakan model pembelajaran COBASI. Hasil belajar siswa diperoleh dari nilai post-test dan ulangan harian. Perbedaan hasil belajar diuji statistik menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Bacapetangsi (74,42) lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Cobasi (72,29). Hasil uji statistik menunjukkan bahwa thitung < ttabel pada taraf signifikan 5%. Jadi tidak terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran Bacapetangsi dan hasil belajar siswa yang diajar degan model pembelajaran Cobasi pada pokok bahasan struktur atom.
Downloads
Copyright (c) 2020 Lilisabella Brahmana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.