Perbedaan hasil belajar antara siswa SMK yang diajar dengan model pembelajaran Bacapetangsi dan Cobasi pada pokok bahasan struktur atom
Keywords:
Bacapetangsi, Cobasi, hasil belajar, model pembelajaran, struktur atomAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran Bacapetangsi (Bahas-Catat-Petakan-Tanggapi-Simpulkan) dan siswa yang diajar dengan model pembelajaran Cobasi (Contoh-Bahas-Simpulkan) pada pokok bahasan struktur atom Penelitian ini dilaksnakan di SMK Husada Prima Samarinda tahun ajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Husada Prima Samarinda. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purpossive sampling dan diperoleh dua kelas siswa, masing-masing berjumlah 19 orang. Satu kelas diajar menggunakan model pembelajaran Bacapetangsi dan satu kelas diajar dengan menggunakan model pembelajaran COBASI. Hasil belajar siswa diperoleh dari nilai post-test dan ulangan harian. Perbedaan hasil belajar diuji statistik menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Bacapetangsi (74,42) lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Cobasi (72,29). Hasil uji statistik menunjukkan bahwa thitung < ttabel pada taraf signifikan 5%. Jadi tidak terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran Bacapetangsi dan hasil belajar siswa yang diajar degan model pembelajaran Cobasi pada pokok bahasan struktur atom.