Pengaruh kombinasi model pembelajaran teams games tournament dan tebak kata terhadap minat dan hasil belajar siswa SMA materi rumus kimia dan tata nama senyawa

  • Jumaidah Jumaidah Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Usman Usman Program Magister Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Nurlaili Nurlaili Program Magister Manajemen Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
Keywords: model pembelajaran TGT, tebak kata, minat, hasil belajar, tata nama senyawa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kombinasi model pembelajaran teams games tournament (TGT) dan tebak kata terhadap minat dan hasil belajar siswa SMA pada materi rumus kimia dan tata nama senyawa. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X IPA SMA Negeri 9 Samarinda tahun ajaran 2016/2017. Sampel penelitian yang diambil adalah dua kelas siswa dipilih menggunakan teknik purposive sampling dan masing-masing kelas terdiri atas 35 siswa. Satu kelas siswa (kelas eksperimen) diajar dengan kombinasi model pembelajaran TGT tebak kata dan satu kelas siswa (kelas kontrol) diajar dengan menggunakan model konvensional. Hasil belajar siswa diperoleh melalui tes yang diberikan pada post-test dan ulangan harian. Minat belajar siswa diperoleh menggunakan angket. Uji statistik dilakukan untuk mengetahui adanya pengaruh dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat dan hasil belajar siswa kelas eksperimen signifikan lebih tinggi daripada minat dan hasil belajar siswa kelas kontrol. Jadi penelitian ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh kombinasi model pembelajaran TGT dan tebak kata terhadap hasil belajar siswa pada materi rumus kimia dan tata nama senyawa di SMA Negeri 9 Samarinda.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-31
Section
Articles