Pengaruh penerapan strategi active learning tipe the firing line terhadap hasil belajar siswa SMA pada pokok bahasan sistem koloid

  • Tri Siastuti Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Ratna Kusumawardani Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Muflihah Muflihah Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
Keywords: hasil belajar, koloid, strategi active learning, the firing line

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi active learning tipe the firing line terhadap hasil belajar siswa SMA pada pokok bahasan sistem koloid. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 6 Samarinda tahun ajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI dan sampel dipilih adalah dua kelompok siswa, masing-masing berjumlah 36  dengan teknik proposive sampling adalah kelas XI IPA-1 dan XI IPA-2 dengan masing-masing kelas berjumlah 36 orang. Satu kelompok siswa diajar menggunakan model strategi active learning tipe the firing line (kelompok eksperimen) dan satu kelompok siswa diajar mengunakan strategi pembelajaran langsung (kelompok kontrol). Hasil belajar siswa diperoleh menggunakan tes yang diberikan pada setiap akhir pertemuan dan ulangan harian. Data hasil belajar siswa kedua kelompok sampel diuji statistik menggunakan uji t untuk mengetahui adanya pengaruh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa kelompok eksperimen (82,61) signifikan lebih tinggi dari pada rata-rata hasil belajar siswa kelompok kontrol (80,67). Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi active learning tipe the firing line terhadap hasil belajar siswa bahasan sistem koloid.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-31
Section
Articles