Pengaruh penggunaan model pembelajaran giving question and getting answer terhadap hasil belajar siswa SMA pada pokok bahasan hidrokarbon

  • Siti Nur Aisyah Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Ratna Kusumawardani Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Maasje C. Watulingas Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
Keywords: Model pembelajaran GQGA, hasil belajar siswa, hidrokarbon

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe giving question and getting answer (GQGA) terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan hidrokarbon. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA SMAN 17 Samarinda. Sampel penelitian adalah dua kelompok siswa, masing-masing berjumlah 26 orang, yang diperoleh dengan teknik proposive sampling. Satu kelompok siswa diajar menggunakan model pembelajaran GQGA (kelompok eksperimen) sedangkan satu kelompok yang lain diajar dengan model pembelajaran langsung (kelompok kontrol). Hasil belajar yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji F dan uji t.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung (12,70) > ttabel (2,01) pada taraf signifikan 5%. yang berarti terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran GQGA terhadap hasil belajar siswa pada materi hidrokarbon.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-31
Section
Articles