Perbedaan hasil belajar pada pokok bahasan sistem koloid antara siswa SMA yang diajar dengan media peta konsep dan peta pikiran

  • Yuci Sulastri Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Nurlaili Nurlaili Program Magister Manajemen Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Muflihah Muflihah Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
Keywords: student facilitator and explaining, peta konsep, peta pikiran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar pada pokok bahasan koloid antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran student facilitator and explaining-media peta konsep dan siswa yang diajar dengan model pembelajaran student facilitator and explaining-media peta pikiran. Penelitian ini menggunakan desain intac group comparison. Sampel penelitian adalah dua kelompok siswa SMA, masing-masing berjumlah 25 siswa yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Hasil belajar siswa diperoleh melalui tes yang diberikan pada setiap akhir pertemuan dan ulangan harian. Perbedaan hasil belajar siswa dianalisis menggunakan uji t pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran student facilitator and explaining-media peta konsep dan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran student facilitator and explaining-media peta pikiran, dimana hasil belajar siswa yang diajar dengan media peta konsep lebih baik. Penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran student facilitator and explaining-media peta konsep lebih baik digunakan dari pada model pembelajaran student facilitator and explaining-media peta pikiran pada pembelajaran koloid.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-31
Section
Articles