Perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran think pair share dan the power of two pada pokok bahasan hidrokarbon

  • Paulina Vono Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Iis Intan Widiyowati Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Maasje C. Watulingas Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
Keywords: Kooperatif, perbedaan, pre-experimenntal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan menggunakan model think pair share dan siswa yang diajar dengan model the power of two pada pokok bahasan hidrokarbon. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dan dilaksanakan di SMA Negeri 1 Samarinda pada tahun ajaran 2017/2018. Sampel penelitian adalah dua kelas siswa dengan jumlah masing-masing 34 orang dan dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Homogenitas kedua kelas siswa diukur menggunakan hasil belajar sebelum perlakuan dan hasil belajar siswa setelah diberi perlakuan diperoleh dari nilai post-test dan ulangan harian. Homogenitas sampel dan perbedaan hasil belajar setelah diberi perlakuan dianalisis menggunakan uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata siswa yang diajar dengan model the power of two dan think pair share adalah 82,85 dan 77,48. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kedua nilai rata-rata siswa ini berbeda secara signifikan. Penelitian ini membuktikan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran the power of two lebih baik dari hasil belajar siswa yang diajar dengan think pair share pada pokok bahasan hidrokarbon di SMA Negeri 1 Samarinda tahun ajaran 2017/2018.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-31
Section
Articles