Analisis kemampuan kognitif siswa SMK yang diajar menggunakan model pembelajaran somatic, auditory, visual, intelectual pada pokok bahasan koloid

  • Tiara Helda Febriyani Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Muh. Amir Masruhim Program Magister Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Nurlaili Nurlaili Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
Keywords: Hasil belajar siswa, model pembelajaran, SAVI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan kognitif siswa setelah diajar menggunakan model pembelajaran somatic, auditory, visual, intelectual (SAVI) pada pokok bahasan koloid di Kelas XII SMK Husada Prima Samarinda Tahun Ajaran 2017/2018. Sampel penelitian adalah siswa kelas XIIA yang berjumlah 18 orang dan dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data kemampuan kognitif siswa dilakukan melalui tes tertulis yang diberikan pada post-test dan ulangan harian. Nilai rata-rata hasil belajar kognitif siswa adalah 78.Hasil ini menunjukkan bahwa kemampuan kognitif siswa pada pokok bahasan koloid setelah diajar dengan model pembelajaran SAVI termasuk dalam kategori baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-31
Section
Articles