Hasil belajar siswa SMA yang diajar dengan model pembelajaran complete sentence dan word square pada materi rumus kimia dan tata nama senyawa

  • Frisca Rahmawati Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Muflihah Muflihah Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Nurlaili Nurlaili Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
Keywords: Perbedaan, model pembelajaran, kimia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran complete sentence dan siswa yang diajar dengan model pembelajaran word square pada pokok bahasan rumus kimia dan tata nama senyawa. Sampel penelitian adalah dua kelompok siswa jurusan IPA yang dipilih secara purposive sampling dengan masing-masing berjumlah 34 siswa.  Satu kelompok siswa diajar menggunakan model pembelajaran complete sentence sedangkan kelompok yang lainnya diajar menggunakan model pembelajaran word square. Data hasil belajar siswa diperoleh menggunakan teknik tes dan untuk mengetahui perbedaan dilakukan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran complete sentence dan siswa yang diajar dengan model pembelajaran word square pada pokok bahasan rumus kimia dan tata nama senyawa. Hasil belajar kimia siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran word square lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran complete sentence.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-31
Section
Articles