Pengaruh bahan bacaan berwawasan integrasi islam-sains terhadap keterampilan berpikir kritis siswa MA Darul Ihsan Samarinda pada materi pokok tata nama senyawa

  • Rasidah Rasidah Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Iis Intan Widiyowati Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Muflihah Muflihah Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
Keywords: Berpikir kritis, integrasi islam-sains, STAD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan bahan bacaan berwawasan integrasi islam-sains terhadap kemampuan berpikir kritis siswa MA Darul Ihsan Samarinda pada materi pokok tata nama senyawa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan dengan menggunakan satu kelas siswa yang pembelajarannya menggunakan bahan bacaan berwawasan itegrasi islam-sains dan satu kelas yang lain tanpa menggunakan bahan bacaan berwawasan itegrasi islam-sains. Kedua kelas diajar menggunakan model pembelajaran STAD. Kemampuan berfikir kritis siswa diukur melalui post-test dan ulangan harian. Normalitas data diuji dengan metode KolmogorovĀ  Smirnov, sementara uji homogenitas kedua kelas siswa yang digunakan dalam penelitian dan uji pengaruh diuji menggunakan uji F dan uji t. Hasil uji t menunjukkan bahwa keterampilan berfikir kritis siswa kelas eksperimen signifikan lebih tinggi dari keterampilan berfikir kritis siswa kelas kontrol. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan bahan bacaan berwawasan integrasi islam-sains terhadap keterampilan berpikir kritis siswa MA Darul Ihsan Samarinda pada materi tata nama senyawa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-31
Section
Articles