Hubungan antara kepercayaan diri dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan laju reaksi setelah diajar dengan model pembelajaran ARCS

  • Diah Eka Puteri Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Nurlaili Nurlaili Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Maasje C. Watulingas Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
Keywords: attention, confidence, relevance, satisfaction

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan anatara kepercayaan diri dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan laju reaksi setelah diajar dengan model pembelajaran attention, relevance, confidence, satisfaction (ARCS). Penelitian dilaksanakan di SMAN 16 Samarinda tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Pemilihan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dan terpilih siswa 35 siswa kelas XI IPA 1. Data kepercayaan diri siswa diperoleh menggunakan angket dan data hasil belajar siswa diperoleh melalui tes. Hubungan antara kepercayaan diri siswa dan hasil blajarnya dianalisis menggunakan uji Korelasi Product Moment Pearson, kontribusi (KP) dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang cukup (r=0,430) antara kepercayaan diri siswa dan hasil belajarnya. Hasil uji t (thitung (2,735) > nilai ttabel (2,035)) menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara kepercayaan diri dan hasil belajar siswa XI IPA 1 SMAN 16 Samarida pada materi laju reaksi di tahun ajaran 2017/2018.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-31
Section
Articles