Pengaruh media komik dalam model pembelajaran concept attainment terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan reaksi redoks
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media komik terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan reaksi redoks. Penelitian ini tergolong quasi experiment dan dilaksanakan di SMA Negeri 13 Samarinda pada tahun ajaran 2016/2017. Sampel adalah dipilih secara purposive sampling, siswa kelas X-5 (kelas eksperimen) dan siswa kelas X-1 (kelas kontrol). Kedua kelas diajar menggunakan model pembelajaran concept attaintment. Siswa kelas eksperimen diajar menggunakan media komik sedangkan siswa kelas kontrol diajar tanpa menggunakan media komik. Hasil belajar siswa sebelum perlakuan digunakan untuk meguji homogenitas sampel. Kemampuan kognitif siswa setelah diberi perlakuan diperoleh dari masing-masing 20% nilai post-test pertemuan I dan II serta 60% nilai ulangan harian. Uji homogenitas menggunakan dan uji pengaruh menggunakan uji F dan uji uji t. Rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen (76,47) lebih tinggi dari hasil belajar siswa kelas kontrol (69,74) dan terdapat perbedaan antara keduanya dengan taraf signifikan 5%. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media komik terhadap hasil belajar reaksi redoks siswa kelas X SMA Negeri 13 Samarinda pada pada tahun ajaran 2016/2017.
Downloads
Copyright (c) 2020 Dina Fauziyah Rachman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.