Pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantukan modul terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan koloid

  • Yaumil Hidayah Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Mukhamad Nurhadi Program Magister Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Muflihah Muflihah Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
Keywords: hasil belajar, koloid, modul, problem based learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran pembelajaran problem based learning (PBL) berbantukan modul terhadap hasil belajar siswa SMA pada pokok bahasan koloid. Penelitian ini tergolong penelitian quasi experimental. Dalam penelitian ini menggunakan dua kelompok siswa yang dipilih secara purposive sampling. Siswa kelas eksperimen diajar menggunakan model pembelajaran PBL dengan media modul dan siswa kelas kontrol diajar menggunakan model pembelajaran langsung. Homogenitas kedua kelompok siswa ditentukan menggunakan nilai ulangan harian sebelum perlakuan. Hasil belajar siswa setelah perlakuan diperoleh dari nilai post-test 1, 2 dan 3, masing-masingĀ  20% dan nilai ulangan harian 40%. Homogenitas kelompok siswa dan adanya pengaruh perlakuan diuji dengan uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata siswa kelas eksperimen adalah 83,81 dan kelas kontrol adalah 77,03 dengan nilai thitung > ttabel. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran PBL berbantukan modul terhadap hasil belajar siswa SMA pada pokok bahasan koloid.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-31
Section
Articles