Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dengan berbantukan media kartu terhadap hasil belajar siswa SMA pada pokok bahasan hidrokarbon

  • Gustran Gustran Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Nurlaili Nurlaili Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Mukhamad Nurhadi Program Magister Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
Keywords: two stay two stray, media kartu, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran koopertaif tipe two stay two stray (TSTS) dengan berbantukan media kartu terhadap hasil belajar siswa SMA pada pokok bahasan hidrokarbon. Populasi adalah siswa kelas SMA Negeri 13 Samarinda. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas X-6 (kelas eksperimen) dan X-3 (kelas kontrol) yang masing-masing berjumlah 34 siswa yang diperoleh dengan teknik purposive sampling. Hasil belajar siswa diperoleh dari post-test sebanyak 60% dan ulangan harian 40%. Hasil ini selanjutnya akan di uji dengan menggunakan uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata siswa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS denganĀ  berbantukan media kartu adalah 84,4. Nilai rata-rata siswa kelas kontrol menggunakan model pembelajaran langsung adalah 80,2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dengan berbantukan media kartu terhadap hasil belajar kimia siswa SMA pada pokok bahasan hidrokarbon.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-12-31
Section
Articles