Pengaruh penggunaan model pembelajaran quantum learning terhadap hasil belajar siswa SMA pada pokok bahasan koloid

  • Siti Hardiyanti Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Mukhamad Nurhadi Program Magister Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Maasje C. Watulingas Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
Keywords: quantum learning, hasil belajar, koloid, purposive sampling

Abstract

Model pembelajaran quantum learning adalah kiat, petunjuk, strategi dan seluruh proses belajar yang dapat mempertajam pemahaman dan daya ingat, serta membuat belajar sebagai suatu proses yang menyenangkan dan bermanfaat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran quantum learning terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan koloid kelas XI SMA negeri 3 Samarinda. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 3 Samarinda dengan sampel yang di peroleh dengan teknik purposive sampling adalah kelas XI MIPA 2 dan kelas XI MIPA 3 dengan masing-masing kelas berjumlah 35 orang. Kelas XI IPA 2 dengan menggunakan model pembelajaran quantum learning dan kelas XI IPA 3 menggunakan model pembelajaran langsung. Hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan uji F dan uji t. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran quantum learning terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan koloid kelas XI SMA Negeri 3 Samarinda.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-12-31
Section
Articles