Pengaruh penggunaan strategi pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) terhadap hasil belajar siswa SMA pada pokok bahasan reaksi redoks

  • M Suwandi Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Mukhamad Nurhadi Program Magister Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Nurlaili Nurlaili Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
Keywords: strategi pembelajaran PQ4R, reaksi redoks, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi pembelajaran PQ4R terhadap hasil belajar siswa SMA pada pokok bahasan reaksi redoks SMA Negeri 7 Samarinda tahun ajaran 2016/2017. Subjek dalam pnelitian ini adalah siswa kelas X-IPA 3 (40 siswa) sebagai kelas eksperimen yaitu kelas yang diajar menggunakan strategi pembelajaran PQ4R dan X-IPA 4 (40 siswa) yang merupakan kelas kontro yaitu kelas yang diajar menggunakan strategi pembelajaran langsung. Hasil belajar siswa diperoleh dari nilai post-test dan ulangan harian dengan persentase masing-masing post-test 1 dan 2 sebesar 30% dan ulangan harian 40%. Hasil ini selanjutnya akan di uji dengan menggunakan uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata siswa kelas eksperimen dan kontrol adalah 82,1 dan 76,5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan strategi pembelajaran PQ4R terhadap hasil belajar siswa SMA pada pokok bahasan reaksi redoks, thitung (2,82)>ttabel (1,99).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-12-31
Section
Articles