Pengaruh model modification of reciprocal teaching terhadap hasil belajar siswa SMA pada pokok bahasan koloid
Keywords:
modification of reciprocal teaching, hasil belajar, koloidAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran modification of reciprocal teaching terhadap hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan koloid di kelas XI IPA SMA Negeri 9 Samarinda tahun ajaran 2016/2017. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 dengan jumlah siswa 25 orang dan siswa kelas XI IPA 2 dengan jumlah siswa 25 orang yang diambil dengan menggunakan purposive sampling. Kelas XI IPA 1 menggunakan model modification of reciprocal teaching dan kelas XI IPA 2 menggunakan model pembelajaran langsung. Data penelitian ini meliputi tiga post-test dan ulangan harian yang disatukan sebagai nilai akhir dengan komposisi 60 % nilai post-test dan 40% dari nilai ulangan harian. Nilai rata-rata kelas XI IPA 1 adalah 80,208 dan nilai rata-rata kelas XI IPA 2 adalah 69,424. Dapat dilihat Fhitung = 0,58 dan Ftabel = 2,01 sehingga Fhitung< Ftabel maka dapat disimpulkan bahwa data homogen. Berdasarkan hasil uji t diperoleh thitung> ttabel yaitu 7.96> 2.01 pada taraf signifikan 5%, yang berarti terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran modification of reciprocal teaching terhadap hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan koloid di kelas XI IPA SMA Negeri 9 Samarinda tahun ajaran 2016/2017.