Pengaruh model modification of reciprocal teaching terhadap hasil belajar siswa SMA pada pokok bahasan koloid

  • Jesica Andriani Siagian Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Nurlaili Nurlaili Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Mukhamad Nurhadi Program Magister Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
Keywords: modification of reciprocal teaching, hasil belajar, koloid

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran modification of reciprocal teaching terhadap hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan koloid di kelas XI IPA SMA Negeri 9 Samarinda tahun ajaran 2016/2017. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 dengan jumlah siswa 25 orang dan siswa kelas XI IPA 2 dengan jumlah siswa 25 orang yang diambil dengan menggunakan purposive sampling. Kelas XI IPA 1 menggunakan model modification of reciprocal teaching dan kelas XI IPA 2 menggunakan model pembelajaran langsung. Data penelitian ini meliputi tiga post-test dan ulangan harian yang disatukan sebagai nilai akhir dengan komposisi 60 % nilai post-test dan 40% dari nilai ulangan harian. Nilai rata-rata kelas XI IPA 1 adalah 80,208 dan nilai rata-rata kelas XI IPA 2 adalah 69,424.  Dapat dilihat Fhitung = 0,58 dan Ftabel = 2,01 sehingga Fhitung< Ftabel maka dapat disimpulkan  bahwa  data  homogen. Berdasarkan hasil uji t diperoleh thitung> ttabel yaitu 7.96> 2.01 pada taraf signifikan 5%, yang berarti terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran modification of reciprocal teaching terhadap hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan koloid di  kelas XI IPA SMA Negeri 9 Samarinda tahun ajaran 2016/2017.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-12-31
Section
Articles