Penggunaan model pembelajaran conceptual change untuk mereduksi miskonsepsi siswa pada konsep ikatan kimia

  • Dea Nur Oktaviany Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Abdul Majid Program Magister Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
Keywords: pembelajaran langsung, conceptual change, three tier-diagnostics test, miskonsepsi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Conceptual Change guna mereduksi miskonsepsi siswa kelas X di salah satu SMA Samarinda. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X (6 kelas) yang berjumlah 216 siswa dan sampel dalam penelitian ini adalah 2 kelas X yang berjumlah 71 siswa. Pembelajaran model langsung menjadi kegiatan belajar pertama untuk mengetahui miskonsepsi awal. Setelah miskonsepsi awal diketahui dilakukan pengulangan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Conceptual Change yang diharapkan dapat membantu siswa dalam mengurangi miskonsepsi yang terjadi. Instrumen yang digunakan untuk mengukur miskonsepsi pada siswa adalah Three Tier Diagnostic Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata miskonsepsi yang terjadi di kedua kelas sampel sebesar 62,57% pada pembelajaran langsung dan terjadi penurunan 22,55% pada pembelajaran model Conceptual Change. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Conceptual Change dapat mereduksi miskonsepsi siswa kelas X pada konsep Ikatan Kimia sebesar 42,22%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-12-31
Section
Articles