Pengaruh penerapan metode pembelajaran PQRST (Preview, Question, Read, Summarize and Test) terhadap hasil belajar siswa SMK pada pokok bahasan materi dan klasifikasinya

  • Jumiyanti Jumiyanti Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Iis Intan Widiyowati Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
Keywords: PQRST, hasil belajar, materi dan klasifikasinya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran PQRST (Preview, Question, Read, Summarize and Test) Terhadap Hasil Belajar Siswa kelas X SMK Negeri 20 Samarinda pada Pokok Bahasan Materi dan Klasifikasinya Tahun Ajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMK Negeri 20 Samarinda. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purpossive sampling sehingga diperoleh sampel penelitiaan yaitu siswa kelas X Otomotif dan X Multimedia dengan masing-masing kelas bejumlah 35 orang. Kelas X-Multimedia merupakan kelas yang menggunakan model pembelajaran langsung dengan metode PQRST (Preview, Question, Read, Summarize and Test) sedangkan kelas X-Otomotif  menggunakan model pembelajaran langsung dengan metode ceramah. Hasil belajar siswa diperoleh dari 20% nilai posttest 3 kali pertemuan dan 40% nilai ulangan harian. Rata-rata nilai hasil belajar siswa yang menggunakan metode PQRST (Preview, Question, Read, Summarize and Test) lebih baik daripada siswa yang menggunakan metode ceramah yaitu 72.02 dan  68.75. Hasil uji t, diperoleh thitung = 2.317 dan ttabel = 1.996 pada taraf signifikan 5%. Karena thitung > ttabel, sehingga terdapat pengaruh penerapan metode PQRST (Preview, Question, Read, Summarize and Test) terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK Negeri 20 Samarinda pada pokok bahasan materi dan klasifikasinya tahun ajaran 2017/2018.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-12-31
Section
Articles