Pengaruh penerapan model CA terhadap hasil belajar siswa SMK pada pokok bahasan larutan elektrolit dan nonelektrolit
Keywords:
hasil belajar, larutan elektrolit dan nonelektrolit, concept attaintmentAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran concept attaintment (CA) terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan larutan elektrolit dan nonelektrolit di kelas XI SMK Medika Samarinda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Medika Samarinda. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling sehingga diperoleh sampel penelitian yaitu siswa kelas XI Farmasi A dan XI Farmasi B dengan masing-masing kelas berjumlah 30 siswa. Kelas XI Farmasi A merupakan kelas yang menggunakan model pembelajaran langsung sedangkan kelas XI Farmasi B menggunakan model pembelajaran CA Hasil belajar siswa diperoleh dari 30% nilai post-test pertemuan pertama dan 30% nilai post-test pertemuan kedua serta 40% nilai ulangan harian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran CA lebih baik daripada rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung. Nilai rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran CA adalah 74,45 dan rata-rata nilai hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung adalah 67,74. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan uji t, diperoleh thitung= 4,11 dan ttabel= 2,00 pada taraf signifikan 5%. Karena thitung>ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran CA terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan larutan elektrolit dan nonelektrolit di kelas XI SMK Medika Samarinda.