Analisis pemahaman siswa kelas XI IPA SMA Negeri 9 Samarinda tentang koloid menggunakan instrumen diagnostik test three-tier

  • Rudhi Ikhwanu Utama Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
Keywords: Tingkat pemahaman, koloid, test three-tier

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman siswa kelas XI IPA SMAN 9 Samarinda tentang koloid. Sampel penelitian ini adalah 60 siswa kelas XI IPA yang dipilih dengan teknik sampling jenuh. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan tes ulangan harian berupa soal pilihan ganda yang dilengkapi dengan instrumen diagnostik test three-tier siswa kelas XI IPA, diambil 60 siswa dari 2 kelas XI IPA sebagai sampel penelitian. Persentase tingkat pemahaman dan kategori siswa dari segi mendefinisikan koloid, larutan dan suspensi pada nomor 1 sebesar 58% (sedang) sedangkan memahami perbedaan antara koloid, larutan dan suspensi serta contoh koloid dalam kehidupan sehari-hari yang terdiri dari nomor 2 sebesar 15% dan nomor 8 sebesar 42% (rendah). Dari segi memahami contoh sol pada nomor 5 sebesar 72% (sedang) dan memahami sistem dispersi koloid dalam kehidupan sehari-hari pada nomor 9 sebesar 78% (tinggi) sedangkan memahami jenis koloid berupa buih/busa dan emulsi dalam kehidupan sehari-hari yang terdiri dari nomor 4 sebesar 42%, 10 sebesar 25% dan 11 sebesar 5% (rendah). Dari segi memahami sifat-sifat koloid pada efek Tyndall, prinsip kerja dialisis pada mesin dialisator yang terdiri dari nomor 3 sebesar 67%, 7 sebesar 67% dan 12 sebesar 75% (sedang) dan memahami sifat-sifat koloid pada peristiwa koagulasi, gerak Brown, dialisis untuk pemurnian kapur yang tercemar, koloid liofil dan liofob yang terdiri dari nomor 6 sebesar 37%, 13 sebesar 2%, 14 sebesar 35%, 15 sebesar 30%, 16 sebesar 5% dan 17 sebesar 3% (rendah). Dari segi memahami pembuatan sistem koloid yang terdiri dari nomor 18 sebesar 58%, 19 sebesar 42% dan 20 sebesar 42% (rendah).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-12-31
Section
Articles