Perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan model learning cycle 3E dan learning cycle 5E pada materi larutan penyangga

  • Darna Wati Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Usman Usman Program Magister Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Nurlaili Nurlaili Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
Keywords: perbedaan, model pembelajaran, purposive sampling

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa SMA yang diajar dengan model pembelajaran learning cycle 3E dan learning cycle 5E pada pokok bahasan larutan penyangga. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 5 Samarinda. Sampel penelitian ini adalah 64 siswa kelas XI IPA yang terbagi ke dalam 2 kelas yaitu siswa kelas XI IPA-2 (34 siswa) dan siswa kelas XI IPA-3 (34 siswa) yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Siswa kelas XI IPA-3 diajar menggunakan model pembelajaran learning cycle 3E dan siswa kelas XI IPA-3 learning cycle 5E. Pembelajaran berlangsung 3 kali pertemuan dengan pertemuan terakhir adalah ulangan harian. Data hasil belajar siswa dalam penelitian ini adalah hasil belajar kognitif siswa yang diperoleh dari hasil postest dan ulangan harian. Homogenitas sampel diukur menggunakan data hasil belajar siswa sebelum diberikan perlakuan. Untuk mengetahui homogenitas dan perbedaan hasil belajar dilakukan uji normalitas data, uji F dan uji t. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan model  learning cycle 5E adalah 74,13 dan lebih baik dari hasil belajar siswa yang diajar dengan model learning cycle 3E; 65,25. Penelitian ini membuktikan bahwa terdapat perbedaan (α=5%) hasil belajar antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran learning cycle 3E dengan learning cycle 5E pada pokok bahasan larutan penyangga kelas XI IPA SMAN 5 Samarinda.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-12-31
Section
Articles