Analisis gaya belajar siswa kelas XI IPA MAN 2 Samarinda yang miskonsepsi tentang koloid

  • Suryanto Suryanto Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Iis Intan Widiyowati Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Ratna Kusumawardani Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
Keywords: Miskonsepsi, gaya belajar dan koloid

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui miskonsepsi berdasarkan gaya belajar siswa pada pokok bahasan koloid. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI-IPA MAN Samarinda. Proses pengumpulan data dilakukan dengan mengujikan soal pendeteksi miskonsepsi three-tier diagnostic test dan angket gaya belajar felder silverman learning style model (FSLSM) yaitu index of learning style questionnaire. Data Penelitian dianalisis dengan menggunakan software Microsoft Excel versi tahun 2013 yang dikelompokkan ke dalam tingkat miskonsepsi tinggi, miskonsepsi sedang dan miskonsepsi rendah sedangkan gaya belajar siswa dianalisis per dimensi. Gaya belajar siswa selanjutnya dihubungkan sesuai tingkat miskonsepsi yang dialami siswa tersebut. Berdasarkan hasil penelitian, analisis data dan pembahasan, Siswa yang mengalami miskonsepsi sedang dengan persentase 51,50% didominasi oleh siswa dengan gaya belajar active sedang, sensing sedang, visual-verbal seimbang dan sequential-global seimbang. Adapun siswa mengalami miskonsepsi rendah dengan persentase 82,35% didominasi oleh siswa dengan gaya belajar active sedang, sensing sedang, visual-verbal seimbang dan sequential-global seimbang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-12-31
Section
Articles