Analisis minat belajar dan daya ingat siswa yang diajar dengan pendekatan contextual teaching and learning dan metode mind mapping

  • Rizky Hemas Soviani Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Muh. Amir Masruhim Program Magister Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Ratna Kusumawardani Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
Keywords: minat belajar, daya ingat, CTL, mind mapping, larutan penyangga

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar dan daya ingat siswa SMA yang diajar dengan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan metode mind mapping pada pokok bahasan larutan penyangga. Sampel penelitian dalam penelitian ini adalah 33 siswa kelas XI IPA SMAN 5 Samarinda yang diambil secara purposive sampling. Daya ingat siswa diperoleh dengan teknik tes yaitu hasil belajar siswa sesuai dengan indikator daya ingat yang diukur menggunakan instrumen posttest, ulangan harian, LKS, dan resume. Data ini diperoleh menggunakan nilai akhir siswa dari skor posttest, ulangan harian, LKS, dan resume setiap pertemuan. Minat belajar siswa diperoleh dengan menggunakan angket. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai persentase rata-rata minat belajar siswa sebesar 72% dengan kategori minat sedang sehingga secara keseluruhan minat belajar siswa adalah sedang dengan persentase 36% atau hampir separuh siswa memiliki minat tinggi, 64% atau sebagian besar siswa memiliki minat sedang, dan 0% atau tidak ada siswa yang memiliki minat rendah dan sangat rendah. Nilai rata-rata daya ingat siswa pada kelas XI IPA 4 sebesar 78 dengan kategori baik sehingga keseluruhan daya ingat siswa adalah baik dengan persentase 27% atau hampir separuh siswa memiliki daya ingat yang sangat baik, 73% atau sebgaian besar siswa memiliki daya ingat yang baik, dan 0% atau tidak ada siswa memiliki daya ingat yang cukup, kurang dan sangat kurang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-12-31
Section
Articles