Analisis keterampilan proses sains siswa SMA yang diajar menggunakan model pembelajaran POGIL dengan metode praktikum pada pokok bahasan koloid

  • Retno Dien Saraswati Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Ratna Kusumawardani Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Usman Usman Program Magister Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
Keywords: KPS, process oriented guided inquiry learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan proses sains (KPS) siswa kelas XI IPA 4 SMAN 5 Samarinda pada pokok bahasan koloid yang diajar dengan model pembelajaran process oriented guided inquiry learning (POGIL) dipadukan dengan metode praktikum. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. KPS siswa diukur menggunakan soal posttest yang berisikan indikator KPS yaitu keterampilan memprediksi, keterampilan mengamati, keterampilan merencanakan penelitian, keterampilan mengklasifikasi, keterampilan mengkomunikasi dan keterampilan menyimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan semua keterampilan siswa yang dikur tergolong kedalam kategori baik dengan nilai keterampilan memprediksi, mengamati, merencanakan penelitian, mengklasifikasi, mengkomunikasi dan menyimpulkan adalah 64,7; 66,2; 77,4; 77,6; 74,2; dan 72,0. Secara keseluruhan KPS siswa kelas XI IPA 4 SMAN 5 Samarinda termasuk kategori baik.

Kata kunci:

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-12-31
Section
Articles