Pengaruh model pembelajaran think pair square terhadap hasil belajar siswa SMA pada pokok bahasan larutan elektrolit dan nonelektrolit

  • Robiyanto Robiyanto Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Abdul Majid Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Ratna Kusumawardani Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
Keywords: TPSq, eksperimen semu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran think pair square (TPSq) terhadap hasil belajar siswa SMA pada pokok bahasan larutan elektrolit dan nonelektrolit. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 (diajar menggunakan model TPSq) dan siswa kelas X IPA 2 (diajar menggunakan model pembelajaran langsung) SMAN 1 Muara Bengkal. Hasil belajar siswa yang diukur adalah kemampuan kognitif siswa yang diuji dengan soal tes. Adanya pengaruh dalam penelitian ini diuji menggunakan uji t. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran TPSq terhadap hasil belajar siswa SMA N 1 Muara Bengkal pada pokok bahasan larutan elektrolit dan nonelektrolit.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-12-31
Section
Articles