Hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran think pair square dan think pair share pada materi ikatan kimia

  • Yudi Pratama Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Mukhamad Nurhadi Program Magister Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Ratna Kusumawardani Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
Keywords: TPSq, TPS, pendekatan scientific

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe think pair square (TPSq) dan siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) melalui pendekatan scientific pada materi ikatan kimia. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas X MIPA 5 (diajar menggunakan model TPSq) dan X MIPA 2 (diajar enggunakan model TPS) SMA N 2 Samarinda, yang masing-masing berjumlah 32 siswa dan dipilih secara purposive sampling. Hasil belajar siswa diperoleh dari nilai 60% posttest dan 40% ulangan harian. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata siswa kelas TPSq (79,83) lebih tinggi dibanding nilai rata-rata siswa kelas TPS (75,35). Hasil analisis statistik (α=0,05) menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPSq dan siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS melalui pendekatan scientific pada materi ikatan kimia di SMAN 2 Samarinda.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-12-31
Section
Articles